Nikkei Kamis Pagi Tersungkur, Yen Jepang Kembali Menguat

322

Bursa saham negeri sakura Jepang Kamis pagi dipekan keempat bulan april ini (30/4), dibuka dengan indeks Nikkei kembali melanjutkan pelemahan selama empat hari berturut. Yen Jepang yang menguat diawal perdagangan bursa saham turut menjadi pelemah bagi perdagangan bursa saham pagi ini.

Hasil yang mengembirakan pada data produksi industri Jepang secara tahunan yang dirilis sebelum perdagangan bursa saham dibuka dengan menunjukan adanya peningkatan signifikan menjadi -1.2% dari hasil rilis sebelumnya pada -2.0% dengan perkiraan akan adanya perbaikan pada produksi industri oleh ekonom dengan menjadi 0.93%, demikian juga dengan hasil rilis data produksi industri Jepang secara bulanan yang juga menunjukan peningkatan signifikan menjadi -0.3% dari hasil rilis sebelumnya pada -3.1% dengan ekpektasi pertumbuhan oleh ekonom akan menjadi -1.16%. Dari hasil rilis tersebut memberikan angin segar bagi pergerakan Yen Jepang, namun melemahkan bursa saham Jepang diawal perdagangan pagi ini .

Saham yang terpukul oleh penguatan Yen tersebut seperti  saham Canon yang dibuka melemah signifikan sebesar 1%, saham Daikin Industries yang dibuka melemah signifikan sebesar 1.35%, saham Fanuc yang dibuka melemah signifikan sebesar 2.667%, saham Hino Motor yang dibuka melemah signifikan sebesar 3.60%, saham Hitachi yang dibuka melemah signifikan sebesar 0.85%.

Read more

Hendri Timotius/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here