PDB Amerika Serikat Kuartal Pertama Nyaris Tidak Bertumbuh

404

Sejalan dengan perkiraan para ekonom sebelumnya, laju pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) nyaris terhenti di kuartal pertama tahun ini. Seperti diketahui, PDB Q1 2015 dilaporkan melambat cukup tajam dari kuartal sebelumnya. Perlambatan ini disebut-sebut terjadi karena musim dingin yang cukup ekstrem di awal tahun 2015 ini sehingga menekan belanja konsumen dan rendahnya harga minyak sehingga membuat perusahaan energi di AS harus memangkas sejumlah capital spending-nya.

Berdasarkan laporan Departemen Perdagangan AS, PDB AS Q1 2015 hanya tumbuh sebesar 0,2 persen (yoy). Penurunan ini memperpanjang tren melambatnya pertumbuhan ekonomi AS yang sudah terjadi sejak kuartal 4 2014 lalu dimana kala itu PDB berhasil tercatat sebesar 2,2 persen atau melambat tajam juga dari Q3 2014 yang berhasil mencetak rekor tertinggi yaitu sebesar 5 persen dalam kurun 11 tahun terakhir.

Reli dolar yang terus menguat dan perselisihan buruh di pelabuhan Pantai Barat dinilai juga cukup mengancam laju pertumbuhan AS. Meskipun beberapa tanda-tanda pemulihan ekonomi cukup terlihat di AS, namun kurangnya rebound pertumbuhan pada kuartal pertama tahun ini meyakinkan investor bahwa bank sentral AS,atau The Federal Reserve AS akan menunda kenaikan suku bungan sampai akhir tahun ini.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here