Rupiah Akhir Pekan Gagal Manfaatkan Pelemahan Dollar

855

Pada penutupan perdagangan sore ini nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berakhir di teritori negatif (30/4). Melemahnya dollar AS gagal dimanfaatkan oleh rupiah untuk melanjutkan kenaikan yang terjadi pada perdagangan Rabu kemarin. Di akhir perdagangan pekan ini mata uang dalam negeri ini memperkecil peningkatan mingguannya.

Indeks dollar sendiri hari ini masih terpantau mengalami pergerakan yang melemah. Dollar masih terpuruk di kisaran terendah dalam lebih dari dua bulan belakangan setelah Fed menyatakan bahwa sektor tenaga kerja di Amerika Serikat masih lesu. Kondisi ini mengakibatkan spekulasi bahwa peningkatan suku bunga acuan belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Melemahnya dollar AS tidak berhasil mengangkat kinerja  rupiah. IHSG yang berakhir melemah dan sempat anjlok dalam menjadi penyebab lesunya nilai tukar mata uang lokal ini. IHSG hari ini ditutup pada posisi 5086,43 poin. IHSG tersebut melemah dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin yang ada di level 5105,56.

Read more 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here