Stimulus ECB Sedikit Berhasil, Penyaluran Kredit Kawasan Euro Tumbuh

550

Nampaknya program pembelian obligasi besar-besaran oleh Bank Sentral Eropa (ECB) berhasil mencetak hasil yang positif. ECB melaporkan bahwa jumlah pinjaman dalam bentuk euro di Kawasan Euro yang selama ini selalu kontraksi akhirnya berhasil meningkat untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir. Laporan ini sekaligus menjadi babak baru bagi perekonomian ECB pasca diberlakukannya pelonggaran moneter agresif yang dilakukan ECB pencetakan uang besar-besaran.

Jumlah penyaluran kredit di kawasan euro pada bulan Maret dilaporkan tumbuh sebesar 0,1 persen. Meski angka pertumbuhan ini sangat tipis, tetap saja memberikan harapan bahwa perekonomian Eropa saat ini sedang menuju ke arah pemulihan yang lebih baik ditengah tekanan utang yang cukup besar. Dengan adanya pertumbuhan penyaluran kredit ini diharapkan roda perekonomian yang sempat terhenti dapat kembali bergerak terutama di bidang investasi.

Selama ini para pebisnis memang kerap kesulitan menghimpun dana terutama di negara-negara yang dilanda krisis, misalnya Yunani. Jika dibandingkan antara Jerman dan Yunani tentu fleksibilitas pembiayaan oleh perbankan di kedua negara tersebut sangatlah berbeda.

Read more

Stephanie Rebecca/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here