Bursa Jepang Berakhir dengan Lonjakan Mantap

877
Vibizmedia Photo

Bursa saham Jepang mengakhiri perdagangannya pada hari Kamis, 1 Oktober 2015 dengan membukukan kenaikan harian yang solid. Dukungan rally Wall Street dan rilis data yang cukup baik dari dalam negeri memberikan kesempatan bagi para pelaku pasar untuk melancarkan aksi beli terhadap saham-saham unggulan di bursa Jepang.

Data survey manufaktur tankan yang dirilis sebelum pembukaan pasar menunjukkan bahwa para produsen manufaktur besar di Negeri Matahari Terbit kurang optimis. Akan tetapi dari sektor jasa para produsen tampak sangat optimis.

Siang ini indeks spot Nikkei mengalami peningkatan sebesar 334,27 poin atau setara dengan 1,9 persen dan ditutup pada posisi 17.722,42 poin siang ini. Indeks spot melanjutkan peningkatan sebesar 2,7 persen yang terjadi di perdagangan sebelumnya.

Sementara itu di pasar berjangka indeks Nikkei 225 ditutup pada posisi 17.730 poin. Indeks berjangka ini mengalami kenaikan tajam 620 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Hari ini indeks berjangka mencapai level tertinggi dalam 4 hari.

Saham-saham lapis biru mengalami peningkatan yang paling mantap di antara sektor lain. Saham perusahaan robot Fanuc mengalami peningkatan sebesar 3,9 persen. Softbank dan Fast Retailing masing-masing ditutup dengan membukukan kenaikan sebesar 2,8 persen dan 1,7 persen.

Analyst Vibiz Research Center menilai bahwa indeks berjangka Nikkei di bursa saham Jepang pada sesi perdagangan selanjutnya berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 17.500. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 17.800. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 17.000 poin. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 16.800 poin.

 

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here