Klaim Pengangguran AS Mingguan Tertinggi 4 Pekan

330

Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat yang semalam melaporkan terjadi pertambahan tenaga kerja pada sektor swasta negeri tersebut pada bulan September, malam ini seperti biasa setiap minggunya melaporkan jumlah orang yang mengambil tunjangan pengangguran.

Jumlah orang Amerika mengisi aplikasi tunjangan pengangguran sebanyak  277.000 dalam pekan yang berakhir 26 September, jumlah ini meningkat dari 10.000 dari tingkat minggu sebelumnya dari 267.000. Namun data malam ini merupakan data untuk 30 minggu berturut di bawah 300.000.

United States Initial Jobless Claims

Untuk rata-rata 4 minggu bergerak menurun dan jumlah klaim masih terus berada di level terendah sejak November 2000 dan ini menunjukkan  kekuatan pasar tenaga kerja negeri tersebut. Nilai untuk rata-rata 4 minggu  270.750, penurunan 1.000 dari rata-rata minggu sebelumnya 271.750 dari.

Jumlah aplikasi untuk tunjangan pengangguran yang diajukan pada minggu lalu kurang dari yang diperkirakan sebesar 267.000, menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi AS terus berlanjut. Perkiraan para ekonom minggu yang lalu klaim pengangguran mencapai 268.000. Rata-rata empat minggu turun 750 ke level terendah dalam lebih dari sebulan mencapai 271.750.

Laporan Employment ADP bulan September kemarin memberikan sedikit kelegaan dari perkiraan bahwa ekonomi AS sedang tergelincir ke dalam suatu resesi baru. Sektor swasta menambah sebanyak 200.000 pekerjaan pada bulan lalu, suatu kenaikan yang solid dan cukup kuat untuk menunjukkan bahwa tren makro tetap secara meyakinkan positip.

Kenyataannya, laporan mingguan klaim pengangguran selama ini telah memberikan signal-signal yang bagus. Dengan data mengenai klaim pengangguran pada malam hari ini memberikan sinyal  pertumbuhan yang berkelanjutan di dalam pasar tenaga kerja AS yang memberikan tanda bahwa resiko siklus bisnis masih tetap rendah.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here