Kuartal Ketiga Ambles 23%, Harga Karet Tocom Awali Oktober dengan Menguat

250

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis pagi masih berusaha melanjutkan kenaikan yang terjadi di perdagangan terakhir bulan September lalu (1/10). Harga karet alami mengalami penurunan kuartalan yang tajam sepanjang kuartal ketiga tahun 2015 lalu. Pelemahan harga komoditas ini terkait dengan lesunya permintaan dari industri otomotif global.

Laporan mengenai turunya kinerja industri otomotif di Tiongkok mengakibatkan harga karet alami Tocom mengalami penurunan sebesar 23 persen dalam periode Juli- September 2015. Penurunan bulanan juga terjadi untuk sepanjang bulan September. Penurunan bulanan ini sudah memasuki bulan keempat berturut-turut.

Dikabarkan bahwa penjualan mobil di Tiongkok hanya mencapai angka 1,5 juta unit pada bulan Juli lalu. Penjualan bulanan ini merupakan yang paling sedikit dalam 17 bulan belakangan. Hari ini harga karet alami Tocom mengalami peningkatan terbatas akibat aksi bargain hunting yang dilakukan oleh para pelaku pasar.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Maret 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 164,9 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pelemahan sedikit yaitu sebesar 0,2 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau sudah bergerak menguat dari level pembukaan dan mencapai teritori positif di level 165,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan positif meskipun masih terbatas. Pergerakan positif yang kembali terjadi pada pasar saham regional memberikan support bagi pergerakan harga komoditas ini.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 160,00 yen. Support selanjutnya ada di 155,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 170,00 yen dan 175,00 yen.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here