Ekspansi Manufaktur Italia Tertahan, Perancis Tinggalkan Fase Kontraksi

392

Tadi malam kinerja manufaktur negara-negara utama di zona euro kembali dirilis oleh Kantor Statistik Nasional di masing-masing negara. Secara keseluruhan terlihat bahwa kinerja industri manufaktur di zona euro sedikit melambat pada periode September 2015 lalu, setidaknya kondisi tersebut tercermin pada kinerja manufaktur Italia. Dalam rilis tadi malam (1/10) tercatat bahwa skor PMI manufaktur Itali pada bulan lalu sedikit turun dari yang tercatat di bulan sebelumnya meskipun sejauh ini kinerjanya masih cukup kuat pada fase ekspansi. Namun sebaliknya dengan Perancis, yang semula kinerja manufakturnya tertahan di zona kontraksi pada bulan September lalu akhirnya berhasil menyentuh fase ekspansi.

Adapun skor PMI Manufaktur Italia pada bulan lalu dilaporkan oleh ISTAT turun ke level 52,7 dari yang semula tercatat pada level 53,8. Rilis tersebut menunjukkan bahwa sebetulnya kinerja Italia masih cukup baik ditengah perlambatan ekonomi global dengan masih berhasil bertahan pada fase ekspansi. Sementara itu, INSEE melaporkan bahwa PMI Manufaktur Perancis pada bulan September lalu akhirnya berhasil naik ke fase ekspansi yaitu pada level 50,6 dari yang semula berada di zona kontraksi yaitu sebesar 48,3. Dapat dilihat tren perbandingan kinerja manufaktur di kedua negara tersebut pada gambar dibawah ini:

Italy Manufacturing PMI

Hingga bulan September lalu, tingkat output manufaktur Italia berhasil lanjutkan tren kenaikan memasuki bulan berjalan sembilannya berturut-turut, meskipun tingkat output pada bulan lalu merupakan yang terlemah sejak Januari 2015. Sementara itu sektor manufaktur Perancis terlihat berhasil kembali melaju pada fase ekspansinya dimana output manufakur di negara ini pada bulan September lalu akhirnya berhasil bukukan kenaikan untuk untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir, dimana laju ekspansi tersebut adalah yang terkuat sejak terakhir kali tercatat pada Maret 2014. 

Membaiknya kinerja manufaktur di Inggris sejalan dengan menguatnya keyakinan konsumen di Perancis pada September lalu. Dalam publikasi terpisah lainnya tercatat bahwa tingkat keyakinan konsumen di Perancis pada bulan September berhasil menyentuh level tertingginya dalam kurun delapan tahun terakhir yaitu pada level 97 dari yang semula tercatat sebesar 94 di bulan sebelumnya. Demikian juga dengan keyakinan konsumen dan pebisnis di Italia yang kedua indeksnya juga terlihat menguat pada September lalu. (Lihat juga: Pebisnis Italia Makin Optimis Terhadap Kondisi Ekonomi Negaranya dan Kinerja Sektor Swasta Oke, Keyakinan Konsumen Perancis Ikut Melambung)

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here