Harga Karet Tocom Terpukul Mundur Akibat Aksi Ambil Untung

392

Harga karet Tocom Rabu pagi tampak mengalami penurunan yang cukup signifikan  (2/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016  mengalami aksi ambil untung yang cukup signifikan setelah pada akhir perdagangan Kamis sore melejit kencang didukung oleh data manufaktur Tiongkok yang cukup baik.

Indeks manufaktur yang dikeluarkan oleh Biro Statistik China menunjukkan perkembangan kondisi industri manufaktur, naik dari 49,7 pada Agustus menjadi 49,8 pada September. Data serupa yang diterbitkan Markit Economics menunjukkan indeks manufaktur China turun tipis dari 47,3 pada Agustus menjadi 47,2 pada September.

Hari ini sentimen negatif kembali sambangi pasar karet alami berjangka. Kontrak Tocom diserang aksi jual oleh para pelaku pasar. Bursa saham Jepang hari ini sempat menapaki teritori negatif setelah selama dua sesi membukukan rally dengan total 5 persen. Kondisi ini juga menimbulkan tekanan di pasar komoditas.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Maret 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 169,8 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan terbatas yaitu sebesar 0,5 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau sudah bergerak anjlok dari level pembukaan yaitu pada level 167,1 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Aksi ambil untung jelang liburan akhir pekan berpotensi membebani pergerakan harga komoditas ini.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 160,00 yen. Support selanjutnya ada di 155,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 175,00  yen dan 180,00  yen.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here