Laju Kospi Jumat Pagi Melemah Oleh Data Inflasi

212

Diawal perdagangan bursa saham Korea Selatan Jumat pagi (2/10), indeks Kospi yang berhasil melanjutkan penguatannya namun sesaat kemudian berbalik melemah, yang dikarenakan oleh kekhawatiran  para investor akan kondisi perekonomian dalam negeri.

Lihat :    Kospi Ditutup Menguat Mantap Ikuti Sentimen Positif Regional

Indikator ekonomi baik yang dirilis oleh Bank of Korea (BOK) ataupun dari Badan Pusat Statistik Korea Selatan pada data inflasi dan data Current Account dalam negeri, secara mengejutkan menunjukan hasil yang jauh lebih buruk baik dari perkiraan pertumbuhan oleh para ekonom serta dari hasil rilis sebelumnya.

Dimana data inflasi baik secara bulanan dan tahunan Korsel mengalami penurunan yang cukup tajam, inflasi bulanan dibulan September tersebut menjadi -0.2%, dari hasil rilis sebelumnya pada 0.2%, sedangkan inflasi tahunan menjadi 0.6% dari hasil rilis sebelumnya pada 0.7%. Selain itu data Current Account dibulan Agustus menurun tajam menjadi $ 8.46B dari hasil rilis sebelumnya pada $ 9.30B.

Pemberat bursa saham pagi ini adalah saham Hyundai Motor sebesar -0.90%, saham Kia Motors -0.93%, saham Samsung Electronics -1.50%, saham Korea Petroleum Industrial -0.46%, saham Hana Financial Group -0.57% namun masih diperkuat oleh saham LG Electronics sebesar 0.45%, saham SK Inovation 2.97%.

Indeks spot Kospi pagi ini berhasil dibuka menguat  sebesar 1.77 poin atau 0.09% dengan menjadi 1.981,09 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 1.979,32 poin serta berhasil mencatatkan penguatan tertinggi diperdagangan sebelumnya pada posisi 1.986,01 poin dan terendah sebelumnya pada posisi 1.958,63 poin.

Namun sedikit berbeda dengan pergerakan inds berjangka Kospi pagi ini yang dibuka dalam posisi yang sama pada posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya yakni pada posisi 238.62 poin serta berhasil mencatatkan penguatan tertinggi diperdagangan sebelumnya pada posisi 239.60 poin dan terendah sebelumnya pada posisi 235.83 poin

Berdasarkan pada hasil penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya, maka Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Kospi hari ini akan cenderung berbalik arah melemah dengan menembus support pertama pada posisi 236.70 poin dengan MA5 atas BB10 daily, jika pergerakan indeks berhasil menembus support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus support kedua pada posisi 23500 poin dengan MA5 tengah BB10 daily.

 

 

Hendri Timotius/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here