Preview: Non Farm Payrolls AS bulan September 2015

360

Pekerjaan di AS bertumbuh moderat di bulan Agustus, tetapi tingkat pengangguran menurun ke terendah dalam 7 ½ tahun sementara upah meningkat. Nonfarm payrolls hanya bertambah sebesar 173.000 di bulan Agustus setelah pertambahan sebesar 245.000 di bulan Juli. Kenaikan di bulan Agustus adalah yang terkecil dalam lima bulan ditengah hilangnya pekerjaan di sektor manufaktur. Meskipun laporan masih bercampur, tren umumnya masih tetap positip menunjukkan bahwa ekonomi AS masih tetap kuat.

Menurut Forexcrunch, di bulan September para analis memperkirakan penambahan pekerjaan sebesar 202.000 dengan tingkat pengangguran tetap sebesar 5.1% dan upah bulanan diperkirakan naik 0.2%. Sementara konsensus di trading floor.com memperkirakan nonfarm payrolls naik 200.000 di bulan September, lebih tinggi dari 173.000 di bulan Agustus, tetapi masih sedikit dibawah rata-rata 214.000 sejak tahun 2011. Tingkat pengangguran diperkirakan tetap tidak berubah di 5.1%.

Walaupun angka-angka utama kelihatan besar dan tingkat pengangguran berada pada level yang Federal Reserve anggap rata-rata jangka panjang, ada dua faktor yang menahan the Fed untuk tidak terlalu buru-buru menaikkan tingkat bunga.

Tingkat partisipasi tenaga kerja – porsi pekerja yang berusia antara 25-54 yang memiliki pekerjaan atau sedang akfif mencari pekerjaan – telah menurun sejak tahun 2000, dan tidak pernah berhasil naik selama pemulihan pekerjaan sekarang ini. Hal ini menunjukkan banyak orang yang berhenti mencari pekerjaan. Selain itu, jumlah orang yang bekerja paruh waktu tetap tinggi. Kedua angka ini bisa menjelaskan mengapa upah tidak meningkat dengan cepat meskipun pengangguran rendah. Upah di bulan Agustus hanya 2.2% lebih tinggi dari tahun lalu.

The Fed berpikir penting untuk menaikkan tingkat bunga sebelum terjadinya krisis nantinya, sehingga the Fed masih mempunyai kemampuan untuk memangkas tingkat bunga lagi. Namun, bahayanya adalah jika kenaikan tingkat bunga terlalu cepat, the Fed nantinya akan harus kembali ke kebijakan tingkat bunga nol dan menambah quantitative easing. Hal yang lain adalah gelembung keuangan, dengan harga assets telah naik dengan cepat sejak tahun 2009. Hal ini agak aneh dengan pada saat ini pasar saham berada jauh dibawah rekor tertinggi dan secara keseluruhan orang masih takut terhadap resiko.

Bottom linenya adalah perhatikan kenaikan payroll malam hari ini dan revisinya – kecuali ada kejutan negatif yang drastis, bersiaplah untuk kenaikan tingkat bunga sebelum tahun ini berlalu.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here