Sentimen NFP Dan Fed Rate Meragukan Bullish Kurs Aussie

235

Kurs Aussie pada perdagangan akhir pekan (2/10) berupaya memperbaiki kelemahan dengan dukungan data fundamental domestik AIG  Manufacturing PMI dan sisi kelemahan dollar AS oleh aktifitas manufaktur yang dirilis ISM semalam mengalami penurunan ekspansi serta sentimen negatif penambahan jumal klaim pengangguaran AS.

Optimis Aussie juga didapat karena keputusan pemerintah Tiongkok berupaya mengatur gejolak sentimen pasar dengan mengakhiri rilis data flash PMI Caixin. Namun sisi negatif keputusan ini menandai bahwa permerintahan Tiongkok mengakui kelemahan ekonominya.

Hari ini dukungan pada Aussie adalah perbaikan pada bisnis retail mengalami rebound menjadi 0.4% bulan Agustus m/m setelah merosot hingga -0.1%. Data ini mempertahankan bullish Aussie, namun prospek pergerakan pada pair AUDUSD hari ini akan bergantung pada rilis penting Non Farm Payroll AS, sehingga berpotensi membalikan arah bullish pair ini.

Petunjuk sebelum NFP rilis terlah didapatkan dari versi ADP yang menujukan kenaikan menjadi 200 ribu pekerjaan. Namun petunjuk lainnya mengarahkan pada kelemahan pada NFP jika melihat klaim pengangguran, dan komponen employment pada data ISM Manufacturing yang mengalami penurunan.

Data NFP kali ini akan semakin kental bercampur dengan ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed yang tengah mencari dukungan sektor tenaga kerja agar inflasi melaju pada jalur yang diharapkan sebelum mengambil keputusan pengetatan. Sementrra ini, pasar masih memegang perkiraan Fed Rate akan dinaikan sebelum akhir tahun 2015 sehingga membatasi Aussie bullish.

Memantau kurs Aussie pada pair AUDUSD saat ini (03:11:11 GMT) bergulir di kisaran 0.7013, turun dari pembukaan 0.7028. Pada perdagangan kemarin pair ini mengalami penutupan bullish tipis dari pembukaan 0.7017 dengan capaian tinggi 0.7084 dan rendah 0.6997.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan pada pair AUDUSD berbalik mendekati support 0.7000 setelah gagal menyentuh resisten 0.7100. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, pair ini memiliki potensi bearish menembus support 0.7000 hingga 0.6976 dengan resiten kisaran 0.7050.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here