Kurs Aussie Awal Pekan Dapat Dukungan Bullish Data Lowongan Kerja

710

Mengawali hari perdagangan pekan ini (5/9) kurs Aussie mengalami kenaikan meskipun laporan fundamental yang dirilis kurang mengesankan dari  perkembangan index sektor jasa. Sedangkan kabar baik yang mendukung Aussie pagi ini adalah iklan lowongan pekerjaan yang mengalami peningkatan. Bullish Aussie juga masih dipengaruhi dollar AS yang lemah oleh kekecewaan berat pada data Non Farm Payroll.

Australian Industry Group untuk baru saja melaporkan bahwa index service mengalami penurunan ekspansi menjadi 52.3 di bulan September vs 55.6. Namun kelemahan dollar AS oleh data Non Farm Payroll  hanya menghasilkan 142.000 pekerjaan  pada bulan September dan angka di bulan Agustus direvisi turun menjadi 136.000 dari 173.000 membuat Aussie pagi ini tetap kuat.

Dukungan bullish juga didapat dari laporan ANZ bahwa iklan lowongan pekerjaan yang mengalami peningkatan menjadi 3.9% September vs 1.3% Agustus. Data ini menjadi indikator awal untuk memperkirakan arah pertumbuhan penyerapan tenaga kerja Australia, sehingga berdasarkan data tersebut angka pengangguran memiliki potensi turun.

Memantau kurs Aussie pada pair AUDUSD saat ini (02:53:11 GMT) bergulir di kisaran 0.7076, naik dari pembukaan 0.7055. Pada perdagangan kemarin pair ini mengalami penutupan bullish dari pembukaan 0.7028 dengan capaian tinggi 0.7065 dan rendah 0.7002.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan pada pair AUDUSD berupaya mengubah arah trend bearish menjadi bullish. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, pair ini memiliki target bullish yang terbatas pada resisten kisaran kuat 0.7100. Jika gagal menyentuh resisten tersebut, maka pair ini berpotensi koreksi untuk menguji kembali support kisaran 0.7040.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here