Nikkei Senin Pagi Dibuka Menguat, Masih Menunggu Arahan Lanjutan

355
indeks nikkei

Perdagangan indeks Nikkei pada bursa saham Jepang Senin pagi (5/10), dibuka positif, terdorong ekspektasi dari sektor otomotif terkait pembahasan Trans Pacific Partnership yang terus berlangsung selama akhir pekan ini. Jika kesepakatan ini disepakati, maka akan memberikan kesempatan bebas bagi usaha otomotif mobil Jepang dapat membeli suku cadang untuk kendaraan yang dijual di Amerika Serikat dari Asia.

Indeks Nikkei Nikkei dibuka naik 1,59% di 18006.95 ditopang kenaikan saham Mazda Motor yang naik hampir 3% dan Toyota Motor yang naik sekitar 1%.

Lihat :  Nikkei Akhir Pekan Masih Bergerak Mixed, Oleh Volatilenya Yen Jepang

Pagi ini, rilis data ekonomi Jepang yaitu data Average Cash Earnings (YoY) yang mengukur perubahan pada penerimaan pegawai, termasuk pembayaran bonus dan lembur, mengalami kenaikan pada posisi 0,5% untuk bulan Agustus dari perkiraan survey para ekonom menyatakan akan mengalami penurunan ke posisi 0,18% dari data sebelumnya pada buan Juli sebesar 0,9%.

Demikian juga untuk data Nikkei Services PMI bulan September pada posisi 51.4, menurun dari perkiraan ekonom pada 51.99. Hasil ini juga lebih buruk dari hasil bulan Agustus lalu pada 53.7

Pada saat ini Indeks Nikkei masih terpantau di posisi positif 0,9% pada 17884.86 dengan meningkatnya data Average Cash earnings, namun sedikit tertekan dengan hasil Services PMI yang menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Nikkei hari ini akan cenderung melanjutkan penguatan terbatas, karena belum ada arahan lagi data fundamental dalam negeri. Juga akan dipantau pergerakan yen terhadap dollar, yang juga dapat memberikan sentiment bagi indeks Nikkei. Diperkirakan Nikkei akan bergerak di kisaran Support pada 17875-17850 dan kisaran Resistance 17925-17950.  

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here