Dollar AS Berhasil Dikalahkan Dollar Kanada, Terendah Bulan September

300

Pergerakan kurs dollar Kanada dini hari (6/10) mengalami penutupan kuat terhadap rival utama dollar AS. Bahkan selama empat hari terkhir kurs negara komoditas ini membalikan arah trend dengan cepat dari titik lemah bulan September lalu.

Perubahan tren ini didorong oleh kombinasi antara data AS yang lebih lemah di sektor tenaga kerja yaitu Non Farm Payroll dan rebound harga minyak mentah karena tanda-tanda penguarangan produksi di wilayah AS.

Prospek pergerakan kurs dollar Kanada selanjutnya akan membandingkan kondisi neraca perdagangan Kanada dan AS untuk bulan Agustus. Jika nerca perdagangan Kanada lebih baik maka pair USDCAD dimungkinkan menyentuh harga rendah bulan lalu. Rilis PMI Ivey Kanada untuk bulan September juga akan memengaruhi pergerakan setelah rilis neraca perdagangan.

Dollar Canada pada pair USDCAD dini hari ditutup lemah di harga 1.3082 dari pembukaan 1.3150 dengan capaian rendah 1.3064. Dalam kurun waktu secepat 4 hari perdagangan pair USDCAD ini berbalik dari titik tinggi 1.3456 di bulan September dan saat ini (00:00:11 GMT) bergulir di kisaran 1.3083 mendekati level terendah 1.3011.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pembalikan arah pair USDCAD secepat 4 hari perdagangan menandakan tekanan jual yang kuat. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, diperkirakan target selanjutnya berada di kisaran support 1.3011 di harga terndah September dengan mengantisipasi resisten terdekat di kisaran 1.3140.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here