Harga Emas LLG Ditutup Retreat dari 1 Minggu Tertinggi

1011

Pada penutupan perdagangan Selasa dini hari harga emas spot LLG harus kembali menyerah kalah dan ditutup pada teritori negatif (6/10). Harga logam retreat setelah pada perdagangan malam tadi sempat melejit ke posisi tertinggi dalam satu minggu. Para investor berpendapat bahwa data NFP yang lesu dari AS pekan lalu akan membuat Fed kembali menunda kenaikan suku bunga acuannya.

Harga emas gagal meneruskan sentimen positif yang terjadi di akhir perdagangan pekan lalu. Pada hari Jumat lalu harga emas ditutup dengan membukukan kenaikan sebesar 2,2 persen, kenaikan harian terbesar sejak tanggal 15 Januari.

Kenaikan NFP menjadi penyebab rally harga logam mulia tersebut. NFP di bulan September meningkat hanya sebesar 142 ribu orang, jauh di bawah ekspektasi kenaikan sebesar 203 ribu orang. Data yang masih di bawah ekspektasi ini membuat para pelaku pasar kembali menurunkan spekulasi mengenai kenaikan suku bunga acuan di bulan Desember mendatang.

Harga emas spot LLG mengakhiri perdagangan dini hari tadi dengan membukukan pelemahan sebesar 1,65 dollar atau setara dengan 0,15 persen pada posisi penutupan 1.135,50 dollar per troy ons. Harga pada penutupan perdagangan sebelumnya ada di posisi 1.137,15 dollar per troy ons. Malam tadi harga sempat mencapai posisi 1.141,80 dollar, tertinggi sejak tanggal 28 September lalu.

Analyst Vibiz Research Center pada sesi perdagangan hari ini harga emas spot terpantau berusaha untuk melanjutkan trend menguat yang sempat tertahan. Harga sudah berada pada posisi 1.137,10 dollar per troy ons.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.140 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.145 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.130 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.125 dollar.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here