Harga Minyak Lanjut Menguat Didukung Rally Harga Bensin AS

765

Pada akhir perdagangan Selasa dini hari tadi harga minyak mentah mengalami kenaikan mantap  (6/10). Harga komoditas ini terangkat dipicu rally harga bensin di bursa komoditas Amerika Serikat. Sementara itu kesediaan Rusia untuk berunding dengan negara-negara eksportir minyak mentah global juga menjadi salah satu faktor penting yang mendukung kinerja harga minyak mentah.

Kenaikan yang terjadi di bursa saham Wall Street malam tadi juga menjadi penyebab penting rally harga minyak mentah. Dollar melemah membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan mengalami kenaikan.

Malam tadi harga bensin mengalami kenaikan tajam sebesar 3 persen. Kenaikan harga produk bahan bakar minyak ini membuat harga produk BBM lain naik bersamaan juga dengan kenaikan pada harga minyak mentah.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak November tampak mengalami penguatan tajam sebesar 72 sen atau setara dengan 1,6 persen pada posisi 46,26 dollar per barel. Harga minyak mentah Brent mengalami kenaikan sebesar 1,20 dollar atau setara dengan 2,4 persen pada posisi 49,95 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini di sesi Asia berpotensi untuk mengalami kenaikan lanjutan. Kemungkinan kerja sama Rusia dengan negara OPEC untuk mengerek naik harga minyak memberikan sentiment positif yang kuat di pasar komoditas ini.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI diperkirakan akan mengalami resistance di level 48,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 50,00 dollar. Jika terjadi pergerakan yang justru berbalik melemah harga akan menemui support pada posisi 45,00 dollar dan 43,00 dollar.

 

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here