Meski Euro Berkesempatan Bullish, Fundamental Lemah Di Jerman Tak Bisa Diabaikan

263

Pergerakan kurs Euro terhadap mata uang rival dollar AS mengalami kenaikan di perdagangan sesi Eropa hari ini (6/10). Bullish Euro tampak berlawanan dengan kondisi fundamental yang lemah ditunjukkan oleh Jerman.  Sehingga rally  Euro di sesi ini akan cenderung terbatas atau sementara.

Prospek pergerakan pair EURUSD akan berlanjut bullish jika saja rilis neraca perdagangan (Balance of Trade) AS periode Agustus, defisitnya semakin melebar dari sebelumnya $-41.86B. Namun kondisi fundamental kawasan Euro dan Jerman akan membatasi pergerakan naik pair EURUSD ini.

Siang tadi Jerman merilis data pesanan pabrik (Factory Orders) periode Agustus mengalami penurunan hingga -1.8% dan revisi bulan sebelumnya menjadi -2.2% dari sebelumnya -1.4%. Beberapa temuan data lemah dari Jerman belakangan ini tidak bisa diabaikan, sebelumnya telah dilaporkan bahwa Markit Manufacturing PMI Final bulan September mengalami penurunan ekspansi mejadi 52.3 dari sebelumnya 53.3.

Mengamati kurs Euro pada pair EURUSD saat ini (08:35:11 GMT) bergulir di kisaran 1.1208, mengalami kenaikan dari pembukaan 1.1186. Pada perdagangan kemarin pair ini berfluktuasi signifikan dan diakhiri dengan penutupan bearish dari pembukaan 1.1219 dengan capaian tinggi 1.1289 dan rendah di harga 1.1173.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan EURUSD hari ini diperkirakan berupaya menjaga bullish namun akan terbatas. Berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya,  meski pair ini memiliki target bullish pada  resisten kisaran 1.1230, namun pergerakan terbatas akan membalikan arah untuk menguji kembali support terdekat di kisaran 1.1170.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here