Rally Bursa Eropa Terhenti, Saham VW Masih Tekan Bursa Jerman

362

Setelah berhasil menguat tajam diakhir perdagangan bursa saham kawasan Eropa Senin lalu, tampak diawal perdagangan Selasa ini (6/10), beberapa indeks utama Eropa harus dibuka dalam kondisi yang sama pada posisi penutupan diakhir perdagangan sebelumnya, namun indeks Dax harus dibuka tertekan yang dikarenakan hasil negatif data sentimen dalam negeri.

Lihat :    Bursa Eropa Menguat Imbas Memudarnya Harapan Kenaikan Suku Bunga AS

Diawal Pergerakan indeks kawsan Eropa seperti Pan Stoxx Europe saat ini berhasil dibuka dengan posisi yang sama pada posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya alias flat paska ditutup mengesankan diperdagangan sebelumnya, dengan pencapaian tertinggi diperdagangan sebelumnya pada posisi 358.72 poin dan terendah sebelumnya pada posisi 352.88 poin.

Pada pembukaan bursa saham Inggris hari ini, indeks FTSE Inggris dibuka dalam posisi yang sama pada posisi penutupan diperdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 6.299,00 poin, yang dikarenakan merespon negatif pada data Halifax House Price Index baik secara bulanan dan tahunan dibulan September yang lalu. Indeks Ftse Inggris hari ini dibebankan oleh saham Anglo American sebesar -1.78%, saham ARM Holdings -2%, saham HSBC Holdings -1.10%.

Demikian pula dengan pembukaan indeks DAX Jerman hari ini, yang dibuka dengan posisi yang sama pada posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada posisi 9.815,00 poin, dengan merespon data Factory Orders Jerman yang masih menunjukan hasil yang negatif.

Indeks DAX Jerman hari ini yang diberatkan oleh saham Volkswagen sebesar -0.95%, dengan merespon pada pernyataan perusahaan yang telah menjual sebanyak 8 juta unit kendaraan yang telah dilengkapi dengan peranti lunak yang dapat memalsukan hasil uji emisi, saham Deutsche Lufthansa Aktiengesellschaft -0.60%, saham Allianz  -0.49%.

Namun berbeda dengan pembukaan indeks CAC40 Prancis hari ini, yang dibuka menurun sebesar 7 poin atau dengan menjadi 4.610,00 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 4.617,00 poin, indeks CAC40 hari ini ditumbangkan oleh saham     TOTAL -0.45%, namun diperkuat oleh saham Peugeot sebesar 1.56%, saham Renault 2.92%, saham ARCELORMITTAL 8.65%.

Diperdagangan bursa saham Eropa hari ini, diperkirakan akan terdapat beberapa sentimen kawasan Eropa yang menjadi perhatian utama bagi para investor, seperti data ECB Non-Monetary Policy Meeting, data Retaiil PMI, Ecofin Meeting Eropa.

 

 

Hendri Timotius/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here