Saham ANTM Bergerak Positif Pasca Penunjukan Beli Saham Freeport

226

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mendapat penghiburan dari Kementrian BUMN setelah bulan lalu perusahaan tambang emas pelat merah diturunkan peringkat  obligasi berkelanjutan tahun 2011 oleh Pefindo dari  idA  menjadi idA- (negatif) karena besarnya utang perusahaan. 

Hadiah yang diberikan pemerintah kali ini, penunjukan untuk memiliki sebagian saham Freeport yang harus dilepas sebanyak 30 persen kepada pemerintah sesuai dengan ketetapan yang berlaku. Hingga saat ini kementrian BUMN baru memiliki sekitar 9,36% saham Freeport dan BUMN tetapkan Antam dapat membeli 10,64 persen saham Freeport tersebut. 

Namun pembelian saham ini oleh ANTM belum final karena masih di koordinasikan lagi kepada pemerintah pusat dan kementrian terkait apakah sejumlah saham tersebut akan dicover pemerintah pusat atau Antam sendiri. 

Untuk pergerakan harga sahamnya pada lantai bursa perdagangan saham Selasa  (6/10/15) saham ANTM dibuka pada level 487 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada sama. Pada perdagangan hari ini saham menurun dan bergerak dalam kisaran 481-492 dengan volume perdagangan saham mencapai 34.191.100 ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ANTM  dalam sepekan terakhir terpantau konsolidasi.  Kini terpantau indikator MA  masih bergerak mendatar, selain itu indikator Stochastic bergerak flat mendekati area jenuh jualnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan posisi +DI bergerak flat juga yang menunjukan pergerakan ANTM akan bergerak positif dalam trend konsolidasi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading pada target level support di level 474 dan level resistance di 495.

 

 

Joel/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here