Wall Street Ditutup Menguat, Investor Optimis Akan Kinerja Emiten

317

Bursa saham Amerika ditutup menguat, indeks S & P 500 naik 1,8 persen menjadi 1,987.05 pada 04:00 di New York, dan naik 5,6 persen sejak penutupan Senin lalu. Dow naik 304,06 poin, atau 1,9 persen, ke 16,776.43. Indeks Russell 2000 naik 2,5 persen, terbaik dalam lebih dari sebulan, dan 5,3 persen lebih tinggi sejak mengakhiri penurunan terpanjang dalam sembilan tahun di pekan lalu. Nasdaq naik 73,49 poin atau 1,56% ke level 4,781.26.

Perhatian investor akan beralih ke laporan pendapatan para emiten pada pekan ini, karena investor mencari wawasan lebih lanjut tentang bagaimana perlambatan pertumbuhan global mempengaruhi perusahaan-perusahaan di AS.

Saham energi berada di antara para pemain terkuat di antara 10 industri utama di S & P 500, naik 2,9 persen. Demikian juga dengan harga saham bahan baku, perusahaan industri dan telepon naik setidaknya 2,6 persen. Namun harga saham-saham kesehatan tertinggal, saham bioteknologi tergelincir, dengan Bioteknologi Indeks Nasdaq turun untuk pertama kalinya dalam empat hari.

The Chicago Board Options Volatility Index turun 6,7 persen ke 19,54, masuk dalam bentangan penurunan terpanjang sejak Juli. Pengukur yang dikenal juga sebagai VIX ditutup di bawah 20 untuk pertama kalinya sejak 20 Agustus, mengakhiri perjalanannya di atas level tersebut sejak 2012. Ada 7,9 miliar saham berpindah tangan di bursa AS sampai dini hari tadi, 7 persen di atas rata-rata tiga bulan.

General Electric Co naik 5,3 persen ke level tertinggi dua bulan, membantu untuk meningkatkan industrials setelah Nelson Peltz’s Trian Fund Management LP mengakuisisi saham perusahaan ini senilai $ 2,5 milyar.

Consol Energy Inc, yang selama ini menyandang pemain predikat pemain terburuk dalam S & P 500 tahun ini, naik 9 persen untuk peringkat di antara para pemimpin saat ini dalam indeks patokan. Chesapeake Energy Corp naik 6,7 persen, mengurangi persentasi penurunan tahun ini menjadi 57 persen, masih masuk ke dalam kelompok energi yang mengalami penurunan terbesar kedua di tahun 2015. Minyak naik untuk hari kedua setelah produksi sejumlah rig pengeboran minyak di AS merosot ke lima tahun rendah, perlambatan dalam produksi minyak mentah diharapkan dapat mengurangi kelimpahan  global.

United Rental Inc melonjak 8 persen untuk memimpin kelompok, kenaikan terbesar sejak 2013. Harga saham Juli Deere & Co naik 6,3 persen, terbaik dalam lebih dari empat tahun. Anggota United Auto Workers meratifikasi perjanjian kerja enam tahun mereka dengan Deere.

Penurunan saham Endo International Plc sebesar 5,3 persen membebani indeks Nasdaq Biotech, setelah rally tiga hari yang mendorong saham naik 17 persen. Incyte Corp mundur 5,5 persen setelah melonjak 33 persen selama empat hari pekan lalu.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities Academy

Editor : Jul Allens

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here