Optimis Raih Pertumbuhan Kredit, Saham BBTN Terus Berjuang Naik

549

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) memiliki keyakinan besar untuk meraih pertumbuhan kredit di kuartal III 2015 sekitar 18% hingga 19%. Program pemerintah membangun sejuta rumah, meningkatkan permintaan untuk perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), hal inilah yang salah satunya mendukung optimisme peningkatan kredit Perseroan.

Direktur Utama BTN, Maryono, menyatakan permintaan KPR untuk segmen menengah kebawah, masih cukup banyak. Ada potensi besar sekitar 1,5 juta yang ingin menggunakan fasilitas perumahan. Adanya pertumbuhan kredit tersebut, membuat laba bersih ikut meningkat diatas 50% di kuartal III 2015. Sementara, laba bersih yang diperoleh Perseroan mencapai Rp755 miliar di kuartal III 2014. Sementara NPL perseroan mengalami penurunan.

Sementara itu Direktur BTN Mansyur Syamsuri Nasution menyatakan dana Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) sebesar Rp5,1 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, sudah terserap 100 persen di pertengahan tahun ini.

Hal Ini menandakan bahwa permintaan terhadap rumah masyarakat berpenghasilan rendah masih sangat tinggi. Untuk permintaan ke depan, BTN telah memetakan ada 1,5 juta permintaan yang masuk daftar tunggu (waiting list) untuk perumahan murah.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Kamis (08/10/15) saham BBTN dibuka pada level 1065 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 1055. Hari ini  bergerak dalam kisaran 1060-1095  dengan volume perdagangan saham mencapai 26,4 juta lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham BBTN sejak akhir Agustus terpantau bergerak sideways. Terpantau indikator MA sudah bergerak datar. Selain itu indikator Stochastic masih bergerak di area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar cenderung turun dengan +DI bergerak sedikit turun cenderung sideways. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju BBTN masih akan menunggu sentimen fundamental yang menggerakkan BBTN. Rekomendasi Trading pada target level support di level Rp1000 hingga target resistance di level Rp1150.

 

Connie Rineke/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here