Preview: Initial Jobless Claims AS

235

Laporan pekerjaan bulan September pada minggu lalu, yang lemah secara mengejutkan telah membuat outlook ekonomi AS dibayangi dengan awan gelap, walaupun angka yang bagus dari Jobless Claims menunjukkan bahwa data payrolls akan naik di bulan-bulan yang akan datang.

Pengajuan baru untuk  tunjangan pengangguran naik lagi pada minggu yang lalu, tetapi klaim pengangguran tersebut masih berada pada tren yang menurun bila dilihat selama 12 bulan terakhir.

Klaim pengangguran AS bertambah 10,000 menjadi 277.000 pada minggu lalu, tetapi tetap berada pada 15 tahun terendah. Rata-rata bergerak empat minggu turun 1000 menjadi 270.750. Pasar tenaga kerja terus menguat beriringan dengan pertumbuhan ekonomi.

Update data malam hari ini diperkirakan memberikan dukungan terhadap antisipasi bahwa pasar tenaga kerja akan terus bertumbuh. Perkiraan konsensus dari Econoday.com memperkirakan klaim pengangguran akan turun 5000 menjadi 272.000. Sementara  Forex crunch memperkirakan klaim pengangguran yang sedikit lebih tinggi di 274.000. Angka ini cukup dekat dengan angka terendah selama empat dekade 255.000 yang dapat memberikan inspirasi terjadinya rebound di payrolls di bulan Oktober.

Sebaliknya, jika terjadi kenaikan yang mengejutkan di dalam data malam hari ini, hal ini akan dilihat sebagai konfirmasi bahwa pelemahan data makro belakangan ini adalah tanda peringatan yang murni bagi perekonomian AS

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here