Sharp Luncurkan Robot Smartphone ‘RoBoHoN’

377
RoBoHoN

Jepang selalu dikenal dengan karya-karya inovasinya. Sementara beberapa perusahaan smartphone berlomba-lomba menciptakan model smartphone yang hampir-hampir sama, Jepang berani tampil beda dengan menciptakan robot smartphone.

Adalah Sharp, salah satu perusahaan teknologi di Jepang yang telah mengembangkan sebuah ponsel generasi terbaru. Ponsel ini sangat robot-style dan diberi nama ‘RoBoHoN’.

Terlalu sulit bagi saya menggambarkan bagaimana hebatnya robot-smartphone ini, tidak hanya berfungsi sebagai smartphone, tapi perangkat ini juga didesain untuk dapat berbicara, berjalan, menari dan bahkan mengenali wajah manusia dan memanggil nama orang tersebut.

RoBoHoN memiliki ukuran 19,5 cm dengan berat 390gr sehingga dapat dimasukan kedalam saku baju atau tas. Untuk kerja otak, RoBoHoN dilengkapi dengan MSM 8926 1.2GHz 4 core. Fitur-fitur ponsel yang ada dalam perangkat ini adalah panggilan telepon, pesan teks, kamera, Wi-Fi, dan LCD 2.0-in panel sentuh. LCD inilah yang berfungsi sebagai proyektor kecil untuk memproyeksikan foto dan film pada permukaan datar seperti dinding atau meja.

Untuk mengembangkan robot smartphone besutannya, Sharp telah bekerjasama dengan pencipta robot terkenal di Jepang, Tomotaka Takahashi. Dengan pengetahuan robotika yang dimiliki Takahashi, Sharp berharap dapat mengembangkan robot smartphone yang dapat menjadi sahabat bagi penggunanya.

Belum ada informasi mengenai harga dari robot smartphone RoBoHoN, namun dijadwalkan perangkat ini akan siap dijual pada awal 2016 nanti.

Penasaran ingin melihat seperti apa kemampuan yang dimiliki RoBoHoN, silahkan saksikan video dibawah ini:

 

W.Lubis/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Evi Fog

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here