Kebijakan Federal Reserve AS

379

Presiden Federal Reserve Atlanta Dennis Lockhar akan berpidato pada jam 20:10. Di bulan September dia mengatakan bahwa kenaikan tingkat bunga di bulan Okotober adalah mungkin tergantung kepada data ekonomi, tetapi mengakui juga bahwa kemungkinan itu terlalu dini. Lockhart juga mengatakan dia yakin bahwa frase yang sering digunakan “nanti pada tahun ini” masih berlaku.

Presiden Fed Chicago Charles Evan akan berpidato pada besok dini hari jam 01:30 dengan judul “Update Kebijakan Moneter dan Ekonomi”. Evan sebelumnya telah dengan serius memperingati mengenai kenaikan tingkat bunga yang prematur dan harusnya dilakukan di pertengahan 2016 dengan sudah adanya bukti-bukti tekanan inflasi yang akan menjamin kenaikan tingkat bunga.

Dengan begitu, para investor memperkirakan akan terjadi pidato yang “hawkish” dan diikuti dengan yang “dovish”, dan akan menaruh perhatiannya pada salah satu. Kemungkinan Lockhart akan melunakkan pernyataannya menjelang pertemuan IMF. Dan kemungkinan Evan akan menyebutkan bahwa konsensus dari the Fed adalah untuk kenaikan di 2015.

Pertemuan untuk mengatur kebijakan the Fed berikutnya akan di adakan pada tanggal 27-28 Oktober, tetapi pertemuan berikut dengan proyeksi ekonomi yang baru dan konferensi persnya baru akan diadakan pada tanggal 15-16 Desember. Konsensus memandang bahwa the Fed cenderung membuat perubahan kebijakan yang penting hanya pada pertemuan-pertemuan yang ada konferensi persnya, yang diharapkan dapat memperbaiki petunjuk kedepan dan pengertian para investor mengenai kebijakan the Fed.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here