Pemicu Keberuntungan Bursa Tiongkok Sepekan

799
shanghai index

Kinerja indeks Shanghai dibursa saham Tiongkok pekan kedua bulan Oktober yang lalu, tampak berhasil mencapai tertinggi hampir dalam empat bulan, meskipun aktifitas perdagangan bursa saham hanya berlangsung dalam dua hari, yang dikarenakan ditutup libur. Penguatan bursa saham tersebut dikarenakan oleh dorongan aksi bargain hunting saham-saham yang ditutup dalam waktu yang lama.

Penguat bursa saham Tiongkok dalam pekan tersebut adalah saham Bank of China, saham Ping An Insurance, saham CITIC Securities, saham Haitong Securities, saham Argicultural Bank of China, saham PetroChina, saham China Shengua, saham AIR China, saham China Petroleum.

Kinerja indeks Shanghai tersebut berhasil mencatatkan lonjakan saham sebesar 130.20 poin atau 4.09%, dengan menjadi 3.183,52 poin dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham pekan sebelumnya pada posis 3.053,32 poin serta berhasil mencatatkan penguatan terbesar dalam pekan tersebut pada posisi 3.192,48 poin dan terendah pada posisi 3.052,77 poin.

Tampak penguatan bursa saham Tiongkok dipekan kedua akan sedikit terhambat, yang dikarenakan para investor akan merespon pada mixednya sentimen dalam negeri, dimana laporan surplus perdagangan dalam negeri dibulan September diperkirakan akan akan mengalami kemunduran dengan kinerja ekspor yang semakin melambat, dan data PPI secara tahunan dibulan September yang diindikasikan masih akan mengalami kontraksi dan cenderung negatif.

Sedangkan sentimen positifnya adalah, diperkirakan laju pertumbuhan kredit dalam negeri dibulan September akan meningkat tajam, dan data inflasi dalam negeri yang akan menurun terbatas baik secara tahunan dan bulanan dibulan September yang lalu.

Dalam pergerakan indeks Shanghai pekan kedua yang lalu, secara teknikal dimana garis MA5 yang masih bergerak pada teritori bawah BB10 weekly namun pada indikator Stochastic weekly yang menunjukan adanya indikasi penguatan dipekan ketiga, maka Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai pekan ketiga akan memiliki pegrerakan dengan range normal dengan level resistance pertama pada posisi 3.260,10 poin dengan MA5 bawah BB10 weekly dan resistance kedua pada posisi 3.330,90 poin dengan MA5 tengah BB10 weekly serta level support pertama pada poisi 3.110,25 poin dengan MA5 bawah BB10 weekly dan support kedua pada posisi 3.020,90 poin dengan MA5 bawah BB10 weekly.

 

 

Hendri Timotius/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here