Hari Libur Jepang Dan Amerika Serikat Membuat Yen Semakin Flat

325

Pergerakan akan semakin mombosankan pada kurs Yen terhadap rival utama dollar AS karena bertepatan dengan hari libur Jepang dan AS. Pola pergerakan sempit terus terjadi hingga awal pekan ini dan melanjutkann pergerakan flat minggu lalu meskipun beberpa data fundamental telah menjadi penggerak signifikan.

Kelemahan fundamental Jepang tampaknya belum direspon  oleh pelemahan lanjutan kursnya terhadap dollar AS karena kondisi dollar AS yang juga sedang lesu oleh data mengecewakan dan sentimen negatif notulen FOMC. Namun Kurs Yen Jepang sepanjang pekan lalu telah lemah terhadap mata uang lainnya seperti terhadap Aussie, Euro, dan Sterling kecuali pada dollar AS.

Hal ini karena sudah banyak tumpukan data indikator ekonomi Jepang telah mengindikasikan kemuduran. Seperti  rataan pendapatan kas tenaga kerja (Average Cash Earnings) di Jepang yang tumbuh pada kecepatan yang lebih lambat, penjualan ritel juga mengalami stagnasi sementara order konstruksi anjlok 15,6% basis tahunan. Machinery Orders periode September anjlok 5.7% dan ini  adalah 3 bulan beruntun m/m.

Pelemahan dollar AS juga turut mengimbangi kelemahan Yen saat ini. Pada kalender ekonomi pekan ini akan rilis perkembangan indikator tingkat harga-harga yaitu inflasi di tingkat produsen (PPI) hari Rabu (14/10), kemudian inflasi di tingkat konsumen (CPI) hari Kamis.

Dollar AS akan semakin anjlok lebih lanjut jika data tersebut mengecewakan karena akan menghidupkan kekhawatiran tentang penundaan kenaikan suku bunga karena inflasi rendah. Namun demikian, pergerakan kurs Yen Jepang terhadap dollar AS dalam jagka panjang tetap akan mengikuti perbedaan arah dari kebijakan moneter keuda negara tersebut.

Memantau kurs Yen pada pair USDJPY saat ini (06:13:11 GMT) bergulir di kisaran 120.15, masih menempel pada harga pembukaan 120.17. Pada perdagangan akhir pekan lalu (9/10) pair ini mengalami penutupan bullish dari pembukaan 119.91 dengan capaian tinggi 120.34.

Secara teknikal,  Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan USDJPY masih tetap bergerak pada trend datar atau sideways, dan konsolidasi  tidak jauh dari harga 120.00. Berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, diperkirakan akan hari ini USDJPY akan bergerak di sekitar resisten 120.36 dan support kisaran 119.85.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here