Kurs Aussie Bukukan 8 Hari Rally Tanpa Balas, Hari Ini Bergulir Di Teritori Positif

1045

Kurs dollar Australia mengawali pekan ini (12/10) lanjutkan kenaikan delapan hari terhadap dollar AS setelah 8 hari naik tanpa balas. Sentimen pelemahan dollar AS oleh data lemah dan notulen FOMC, suku bunga Australia yang relatif lebih tinggi dari negara mata uang utama lainnya membuat dollar Australia bullish dan semakin diminati carry trader sejak mata uang ini jatuh. Dukungan lain telah didapat dari pemulihan harga komoditas terkerek oleh harga minyak rally signifikan menyentuh lagi harga 50 dollar per barrel dalam sepekan.

Tidak ada agenda ekonomi yang menjadi arahan dari kawasan Australia dan Amerika yang akan memengaruhi pair AUDUSD awal pekan ini. Sehingga notulen FOMC dan beberapa rilis data fundamental lemah AS pekan lalu masih akan menjadi sentimen dan memberi kesempatan lagi untuk Aussie menekan dollar AS hingga 9 hari tanpa balas oleh satu hari penurunan.

Namun, Bullish Aussie pekan ini akan ditantang oleh bebrapa rilis data dari ekonomi Tiongkok yang selalu menjadi hambatan bullish ketika fundamental negara sahabat dagang tersebut mengecewakan. Pasar akan meliahat dukungan perbaikan impor Tiongkok dari -13.8% bulan Agustus atau menjadi momentum mengakhiri rally AUDUSD melaui laporan nearaca dagang Tiongkok rilis besok (13/10) jika mengecewakan.

Sekedar informasi bahwa  rilis data neraca dagang Australia sempat diabaikan padahal defisit perdagangan Australia bulan Agustus melebar menjadi A$-3.1B dari laporan bulan sebelumnya A$-2.79B. Laporan  lebih rinci kondisi ekspor bulan Agustus mengalami penurunan dari bulan Juli 2% ke 0% pada bulan Agustus.

Memantau kurs Aussie pada pair AUDUSD saat ini (04:17:11 GMT) bergulir di kisaran 0.7334, naik dari pembukaan 0.7316. Sedangakan dalam sepekan lalu pair ini naik sangat signifikan sejak pembukaan awal pekan lalu dari harga 0.7055 dan ditutup bullish di akhir pekan di harga 0.7327 dengan capaian tinggi hingga 0.7344.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat rally AUDUSD 8 hari berturut dan kini melampaui harga 0.7300. Hari ini minim katalis namun sentimen pekan lalu masih kuat. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, pair ini akan bullish terbatas pada resisten kisaran  0.7364 dengan antisipasi support di kisaran 0.7275.

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here