Membaiknya Bursa Saham Jepang Bantu Angkat Harga Karet Tocom

472

Harga karet Tocom hari Senin pagi tampak mengalami peningkatan yang cukup signifikan  (12/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016  kembali terangkat menguat melanjutkan peningkatan yang terjadi pada perdagangan terakhir pekan lalu. Kenaikan harga komoditas ini terjadi setelah Negara-negara produsen utama menggiatkan kerja sama untuk menangani harga yang terus melemah.

Harga minyak mentah yang sedang bergerak dalam trend bullish membuat harga karet juga memperoleh dukungan. Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis meningkat. Dampaknya permintaan terhadp karet alami mengalami kenaikan.

Membaiknya kinerja bursa saham Jepang juga turut memberikan dukungan yang dibutuhkan di pasar karet alami Tocom. Hari ini indeks Nikkei terpantau mengalami kenaikan mantap sebesar 1,64 persen.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Maret 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 175,5 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan signifikan yaitu sebesar 1,5 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau sedikit retreat dari posisi pembukaan meskipun masih berada di teritori positif yaitu pada posisi 175,1 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori hijau. Membaiknya sentiment terhadap bursa saham Jepang memberikan dorongan positif ke pasar komoditas berjangka di negera tersebut.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 170,00 yen. Support selanjutnya ada di 165,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 180,00  yen dan 185,00  yen.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here