Output Energi Merosot, Tingkat Ouput Industri Italia Terkontraksi

672

Pada beberapa pekan lalu, sudah dilaporkan lebih dulu bahwa skor PMI manufaktur Italia pada bulan September sedikit menurun dari yang tercatat di bulan Agustus, meskipun sejauh ini kinerjanya masih cukup kuat pada fase ekspansi. Perlambatan kinerja manufaktur Italia pada bulan lalu juga tercermin dari tingkat output industri Italia di bulan Agustus yang juga bukukan penurunan. (Lihat juga: Ekspansi Manufaktur Italia Tertahan, Perancis Tinggalkan Fase Kontraksi)

Kantor statistik nasional, ISTAT, pada akhir pekan lalu juga kembali melaporkan tingkat output industri Italia pada bulan Agustus lalu yang tercatat menurun tajam bahkan melebihi perkiraan ekonom sebelumnya. Dalam rilis tersebut tercatat bahwa tingkat output industri Italia pada Agustus lalu turun -0,5 persen (mom), kontras dengan pertumbuhan sebesar 1,1 persen (mom) yang tercatat di bulan Juli. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Italy Industrial Production MoM

Sebelumnya para ekonom memperkirakan tingkat output industri Italia pada Agustus lalu hanya akan bukukan penurunan sebesar -0,3 persen. Dalam rilis tersebut tercatat bahwa output energi jatuh sebesar -4,3 persen (yoy) dan output barang konsumsi juga jatuh sebesar -0,7 persen (yoy). Sementara itu, output barang setengah jadi juga turun -0,4 persen (yoy), sementara output barang modal tetap flat. 

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here