Fundamental Aussie 14 Oktober, Data Tiongkok Pangkas Rally Aussie

312

Tekanan jual yang cukup beralasan untuk dollar Australia meski hari ini indikator fundamental ekonomi yang mengukur optimisme konsumen di Australia cukup solid. Konsumen masih senang dengan kondisi perkonomian, namun investor tetap khawatir terhadap prospek perekonomian di Tiongkok sebagai partner dagang dengan Australia.

Kurs AUDUSD telah didukung oleh Westpac Consumer Confidence Index bulan Oktober naik menjadi 97.8 vs 93.9 sebelumnya. Namun optimisme konsumen  tersebut masih belum berdaya ketika inflasi Tiongkok mundur menjadi 1.6% September vs 2.0% sebelumnya y/y dan 0.1% vs 0.5% m/m. Arah inflasi ini mencerminkan kemunduran ekonomi. Berkaitan denga perdagangan dan permintaan barang dari luar negeri, daya beli Tiongkok menurun yang diindilkasikan oleh Import anjlok -20.4% September vs 13.8 bulan sebelumnya.

Rally dollar Australia terhadap dollar AS yang telah terkumpul 9 hari berturut mencapai harus terpangkas karena data inflasi Tongkok dan Import belum mengalami kemajuan. Akankah 9 hari rally akan menjadi puncak, ini nantinya akan bergantung bagaimana arahan dari rilis data fundamental AS malam nanti.

Pembicaraan utama di ekonomi AS masih seputar rencana kenaikan suku bunga, The Fed terus mengamati data, ekspektasi telah mundur oleh pelemahan serapan tenaga kerja (Non Farm Payroll), dan resiko inflasi  rendah serta pelambatan ekonomi global seperti yang tertuang pada rilis  notulen FOMC pertemuan September.

Hari ini investor akan melihat dampak pada belanja konsumen  melalui rilis Retail Sales AS malam ini sebagai kombinasi bebahaya antara rata-rata pendapatan stagnan dan Non Farm Payroll dua bulan berturut anjlok. Indikator tingkat inflasi AS hari ini akan diawali dengan inflasi di tingkat produsen (PPI) yang diperkirakan menurun.

Mengamati kurs dollar Australia pada pair AUDUSD saat ini (02:18:11 GMT) bergulir di kisaran 0.7220, turun dari pembukaan 0.7243. Pada perdagangan kemarin (13/10) penuruan tajam terjadi, pair ini ditutup anjlok dari pembukaan 0.7361 hingga mencapai rendah di harga 0.7242.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat rally AUDUSD 9 hari berpotensi sebagai puncak trend, namun penurunan tajam baru-baru ini masih  fase koreksi jika belum menyentuh support 0.7150. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, pair ini akan bearish terbatas pada support terdekat kisaran  0.7200 dan 0.7150 kemudian berupaya kembali menguji resisten kisaran 0.7264.

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here