Kasus Volkswagen Runtuhkan Kepercayaan Investor di Jerman

395

Paska dirilisnya data inflasi Jerman periode September 2015 kemarin yang menunjukkan bahwa negara terkuat di Eropa ini mengalami deflasi, pasalnya rilis ZEW sentimen ekonomi Jerman periode Oktober 2015 langsung menyusul dipublikasikan di hari yang sama dan menunjukkan hasil yang cukup buruk. Pasalnya tingkat kepercayaan ekonomi Jerman pada bulan Oktober ini dilaporkan turun ke level terendahnya dalam kurun satu tahun terakhir paska skandal yang menimpa Volkswagen menjadi “buah bibir” investor global. (Lihat juga: Jerman Kembali Alami Deflasi Karena Rendahnya Harga Energi)

Anjloknya kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi Jerman saat ini tercermin dari skor indeks kepercayaan investor periode Oktober yang tercatat terjun bebas ke level 1,9 dari level 12,1 yang tercatat di bulan September. Perlu diketahui, penurunan skor indeks tersebut akhirnya genap memasuki bulan ketujuh berturut-turut pada bulan ini namun menduduki level terendahnya di bulan ini sejak terakhir kali tercatat di bulan Oktober 2014, yang kala itu tercatat sebesar -3,6. 

Germany Zew Economic Sentiment Index

Namun demikian, para ekonom tetap menilai kinerja perekonomian domestik masih cukup baik dan pemulihan ekonomi di kawasan euro terus berlangsung secara moderat. Secara terpisah, Dana Moneter Internasional (IMF) pada pekan lalu sudah lebih dulu memangkas proyeksi pertumbuhan Jerman untuk tahun 2015  ini menjadi sebesar 1,5 persen dan prospek pertumbuhan untuk tahun depan menjadi sebesar 1,6 persen.

Sementara itu, Indikator Sentimen Ekonomi untuk kawasan euro periode Oktober 2015 juga dilaporkan tergelincir dengan bukukan penurunan sebesar 3,2 poin sehingga berakhir pada skor 30,1 poin di bulan Oktober ini dari yang semula tercatat pada level 33,3 di bulan sebelumnya.

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here