Pasar Tenaga Kerja Inggris Semakin Oke, Tingkat Pengangguran Turun Lagi

786

Kantor Statistik Nasional siang ini (14/10) kembali melaporkan bahwa tingkat pengangguran Inggris periode Agustus 2015 yang berhasil turun ke level terendahnya sejak terakhir kali tercatat pada 2008 silam. Terus turunnya tingkat pengangguran di negara ini menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja Inggris saat ini cukup baik meskipun laju inflasinya justru semakin buruk. (Lihat juga: Untuk Kedua Kalinya Di Tahun Ini, Inggris Catat Inflasi Hingga Negatif

Dalam rilis tersebut tercatat bahwa tingkat pengangguran Inggris pada periode 3 bulan terakhir yang berakhir di bulan Agustus lalu berhasil turun ke level terendahnya yaitu sebesar 5,4 persen dimana tingkat pengangguran tersebut adalah yang terendah sejak Juni 2008. Sebelumnya, pada periode Maret-Mei 2015 lalu, tingkat pengangguran Inggris tercatat sebesar 5,6 persen. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

United Kingdom Unemployment Rate

Sementara itu, IHS Global Insight Howard Archer Economist memperkirakan tren jumlah pengangguran Inggris secara bertahap akan turun selama beberapa bulan mendatang, dan ditargetkan bisa turun hingga sebesar 5,3 persen pada akhir 2015 mendatang. 

Sebagai informasi juga bahwa ditengah gejolak perekonomian global yang diprediksi masih akan berlanjut hingga akhir 2015 mendatang, Bank of England (BOE) menegaskan bahwa mereka akan terus mempertahankan suku bunga pada rekor rendahnya diperkirakan sampai pertengahan 2016 sebagai antisipasi dari perlambatan ekonomi yang tengah melanda Tiongkok dan pasar negara berkembang saat ini. 

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here