Untuk Kedua Kalinya Di Tahun Ini, Inggris Catat Inflasi Hingga Negatif

765

Lagi-lagi laju inflasi Inggris terjerumus ke jurang deflasi. Pasalnya tingkat inflasi Inggris periode September 2015 lalu secara resmi dilaporkan oleh Biro Statistik Nasional Inggris dan menunjukkan perlambatan dari bulan sebelumnya bahkan hingga mencatat kontraksi. Sebagai informasi, Inggris terakhir kali mengalami deflasi pada bulan April 2015 yang mencatat kontraksi inflasi untuk pertama kalinya sejak terakhir kali tercatat di tahun 1960 dan pada April lalu inflasinya bukukan perlambatan hingga berakhir sebesar -0,1 persen.

Adapun laju inflasi Inggris pada bulan September 2015 lalu juga bukukan perlambatan dan berakhir sebesar -0,1 persen (yoy) setelah tercatat flat di bulan Agustus. Perlu diketahui, laju inflasi Inggris sejak Februari 2015 lalu memang hanya berkisar di level nol persen dan bank sentralnya (BOE) bahkan memprediksi hingga tahun 2016 inflasi Inggris masih akan tetap di bawah 1 persen. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

United Kingdom Inflation Rate

 

Terkontraksinya laju inflasi Inggris pada bulan lalu bukan tidak mungkin bisa membawa Inggris ke jebakan deflasi seperti yang dialami Jepang hingga saat ini. Tentu hal ini menjadi tantangan besar terutama bagi BOE untuk terus memberikan stimulus moneter agar sektor riil nya terpancing untuk melakukan belanja maupun investasi. Meski demikian, kinerja ekspor Inggris terpantau mulai membaik terutama karena ditopang oleh ekspor mobil.

Sejauh ini, kinerja di sektor perdagangan masih menjadi perhatian utama Inggris meskipun defisit perdagangan turun tajam pada kuartal kedua lalu dan nilai transaksi perdagangan bersih telah memberikan kontribusi positif yang kuat untuk mendukung laju pertumbuhan PDB kuartal kedua lalu. Perlu dipahami berbagai rilis terbaru ini memperkuat pandangan ekonom bahwa pada kuartal ketiga tahun ini kemungkinan besar laju pemulihan Inggris akan melambat.

 

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here