Sektor Tenaga Kerja Masih Aman, Aussie Rally Manfaatkan Pelemahan Dollar AS

667

Kurs Dollar Australia terhadap dollar AS di sesi Asia hari ini (15/10) melanjutkan penguatan dengan memanfaatkan pelemahan dollar AS oleh laporan fundamental mengecewakan rilis semalam. Rally Aussie pagi ini semakin percaya diri setelah laporan penting sektor tenaga kerja Australia masih aman. Mata uang ini juga sebelumnya telah mendapat dukungan dari optimismen konsumen Westpac Consumer Confidence Index bulan Oktober yang semakin meningkat.

Hampir saja rally Aussie terhambat oleh laporan sektor tenaga kerja, namun investor mencerna meskipun jumlah lapangan kerja anjlok sebanyak 5.1 ribu di bulan September, tetapi tingkat pengangguran tidak bertambah seperti yang diperkirian. Unemployment Rate di Austrlia masih tetap aman di angka 6.2% dari perkiraan naik menjadi 6.3% di bulan September.

Penguatan dollar Australia sebenarnya lebih kuat dipengaruhi oleh dollar AS yang lemah. Dollar AS semakin terpukul dengan laporan pertumbuhan Retail Sales 0.1% di bulan September, dan karena bulan sebelumnya direvisi turun jadi 0% dari 0.2% m/m. Perkembangan tersebut mengkonfirmasikan dengan baik penurunan belanja konsumen karena kombinasi buruk antara kelemahn serapan tenaga kerja (Non Farm Payroll) dan tingkat upah yang stagnan.

Dengan ini investor semakin yakin The Fed tidak akan melakukan kebijakan hingga awal Desember meski akan ada pertemuan di akhir Oktober ini. Investor akan berpaling dari dollar AS selama data fundamentalnya lainnya belum menutupi kelemahan. Masalah selanjutnya pada kelemhan dollar AS hari ini ada pada laporan Inflasi AS untuk periode September. Inflasi produsen (PPI) yang menurun -0.5% periode September telah mengawali perkiraan di rilis kemarin dan sangat potensial memberikan pengaruh pada Infation Rate m/m akan menjadi dua bulan berturut di angka negatif.

Memantau kurs Aussie pada pair AUDSUD saat ini (04:11:11 GMT) bergulir di kisaran 0.7345, naik sekitar 1.74% dari pembukaan 0.7299. Pada perdagangan kemarin (14/10) pair ini sempat dipengaruhi oleh inflasi rendah Tiongkok  sehingga membuat harga rendah di 0.7197, kemudian berbalik naik dan ditutup bullish dari pembukaan 0.7243 dengan capaian tinggi di harga 0.7317.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat AUDUSD kemarin telah mematahkan fase koreksi dan hari ini tekanan bullish masih kuat setelah lepas dari resisten 0.7300. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, pair ini masih memiliki potensi bullish untuk mengetes resisten kisaran 0.7400 namun membutuhkan katalis lebih kuat. Potensi resiko koreksi kecil patut diantisipasi pada support terdekat di kisaran 0.7300.

 

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here