EXCL Terjun Dalam Bisnis Transportasi Dengan Damri, Sahamnya Rawan Koreksi

288

PT XL Axiata Tbk (EXCL) kini miliki layanan baru dalam bisnis transportasi dengan menyediakan pemantauan sistem informasi penumpang (Passenger Information System) yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik. Untuk memulai bisnis transportasi ini perusahaan menawarkannya kepada Perum Damri, dengan  dalih dapat membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi di Indonesia.

Sistem layanan baru yang dirancang oleh XL ini tidak hanya berguna bagi pengelola managemen perusahaan Damri, tapi juga untuk pengemudi bus dan penumpang. Dengan aplikasi  ini nantinya penumpang akan mengetahui waktu kedatangan bis dan tidak perlu antri di terminal serta dapat mememonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan.

Bagi Damri sendiri, aplikasi ini akan dipasang disetiap bisnya dan dapat memantau lokasi keberadaan  bus, kondisi bus serta kinerja awak bus yang beroperasi. Sebagai informasi, Damri memiliki armada sekitar 2500 unit bis.

Hingga akhir Juni 2015 lalu, utang EXCL yang berdenominasi dollar mencapai US$1,5 miliar atau sekitar Rp22 triliun lebih. Sedangkan rugi selisih kurs yang dibukukan oleh XL Axiata meroket 458% dari Rp250,73 miliar menjadi Rp1,39 triliun. Rugi kurs inilah yang membuat kinerja EXCL semakin terpuruk dengan membengkaknya rugi bersih hingga 91,2% menjadi Rp850,89 miliar dari Rp444,81 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham pada akhir pekan lalu (16/10/15) saham EXCL ditutup anjlok -6,1% pada level 3240 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 3450 dan volume perdagangan mencapai 2,05 juta saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham EXCL sejak pekan lalu terlihat menanjak dan diakhir pekan rally terhenti. Terpantau indikator MA masih bergerak naik  dan  indikator Stochastic  berusaha turun dari jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  didukung oleh +DI yang juga bergerak turun yang menunjukan pergerakan EXCL alami koreksi lanjutan. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading pada target level support di level Rp3137 hingga target resistance di level Rp3473.

 

 
Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here