IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan

477

Pergerakan IHSG pada pekan lalu (12-16 Oktober 2015) secara mingguan terpantau mengalami penurunan sebesar -1.47% ke level 4521.88. Sedangkan Indeks LQ 45 dan IDX 30 mengalami penurunan masing-masing -2,11% dan -2,23%.

Secara sektoral pada minggu lalu 9 sektor mengalami pelemahan, hanya 1 sektor yang menguat yaitu sektor Agri. Adapun sektor yang menjadi pemberat IHSG adalah sektor Aneka Industri yang mengalami penurunan tertinggi sebesar 4,92%. Adapun secara jumlah transaksi, sebanyak 33,5 miliar saham diperdagangkan dengan nilai mencapai 23,92 triliun rupiah. Sementara untuk intensitas perdagangan tercatat menghasilkan 1,06 juta kali transaksi. Pada minggu lalu investor asing mencatatkan net sell mencapai sekitar 10,24 triliun rupiah.

IHSG pekan lalu sebenarnya didominasi penguatan dalam seminggu perdagangan, namun saat data impor Tiongkok anjlok pada selasa lalu, IHSG turun signifikan 3,19%, membuat IHSG terlempar keluar dari level 4500. Namun selanjutnya dengan dikeluarkannya paket kebijakan ekonomi tahap IV oleh pemerintah yang terkait Terkait Sistem Pengupahan, Tindak lanjut Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Pencegahan Pemutusan hubungan Kerja (PHK), maka memberikan sentiment positif yang menguatkan IHSG pada hari kamis dan jumat.

Beberapa event dan data penting minggu ini yang diperkirakan dapat mempengaruhi pergerakan bursa yaitu :

Asia :

  • Balance of Trade September Jepang, diindikasikan meningkat dari perkiraan
  • Ekspor September Jepang, diperkirakan meningkat dari sebelumnya
  • GDP Growth Rate (YoY) September Korsel, diperkirakan menurun dari sebelumnya
  • House Price Index Tiongkok September, diperkirakan menurun dari sebelumnya

Australia :

  • RBA Meeting Minutes

Eropa :

  • Retail Sales September Inggris, diindikasikan meningkat dari perkiraan
  • ECB Interest Rate Decision, diperkirakan tetap

AS :

  • Building Permits September, diindikasikan meningkat dari perkiraan
  • Housing Starts September, diindikasikan meningkat dari perkiraan
  • Existing Home Sales September, diindikasikan meningkat dari perkiraan

IHSG pekan ini diperkirakan akan melanjutkan penguatannya dengan adanya sentiment positif paket kebijakan tahap IV dan penguatan bursa global dengan positifnya perkiraan data ekonomi AS dan beberapa negara Asia. Secara mingguan IHSG bergerak pada kisaran Support 4491-4418 dan kisaran Resistance 4625-4700.

 

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here