Wall Street Ditutup Naik Tipis, Turunnya Kinerja Emiten Raksasa Diimbangi Saham Kebutuhan Pokok

577
New York Stock Exchange visit

Bursa Amerika ditutup menguat, indeks Standard & Poor 500 naik kurang dari 0,1 persen menjadi 2,033.66 pada 04:00 di New York, setelah sebelumnya sempat anjlok sebanyak 0,5 persen. Dow Jones Industrial Average naik 14,57 poin, atau 0,1 persen, ke 17,230.54. Nasdaq Composite Index naik 0,4 persen, didorong oleh keuntungan di saham bioteknologi. Sekitar 6 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, 19 persen di bawah rata-rata tiga bulan.

Setelah pasar ditutup, IBM melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang berada dibawah perkiraan analis, yang dipengaruhi oleh gejolak mata uang dollar. Pendapatan turun 14 persen dan harga saham IBM segera anjlok 4,7 persen setelah-jam perdagangan.

Sebuah laporan hari ini menunjukkan ekonomi Tiongkok tumbuh lebih cepat dari perkiraan ekonom untuk kuartal ketiga dimana pertumbuhan ini banyak didukung oleh sektor jasa mengimbangi lemahnya sektor manufaktur. Sementara pertumbuhan 6,9 persen dalam produk domestik bruto adalah yang paling lambat sejak 2009.

The Chicago Board Options Exchange Volatility Index tergelincir 0,5 persen menjadi 14,98. Ukuran gejolak pasar yang dikenal dengan VIX ini berada di trek penurunan sebulan terbesar yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu sebesar 39 persen.

Saham-saham perusahaan konsumen bahan kebutuhan pokok mengalami penguatan, seperti Priceline Group Inc dan Netflix Inc  naik masing-masing lebih dari 2,4 persen. Nike Inc naik 2,1 persen karena rating saham produsen terbesar di dunia peralatan atletik naik menjadi membeli dari “hold”, demikian tercantum dalam laporan BB & T Capital Markets.

Walt Disney Co naik 1,1 persen ke level tertinggi dua bulan. Perusahaan makanan baku serba keuntungan di staples konsumen, dengan Tyson Foods Inc dan Mondelēz International Inc naik setidaknya 1,2 persen.

Weight Watchers International Inc melonjak 105 persen di tengah berita bahwa Oprah Winfrey akan membeli 10 persen dari saham perusahaan ini dan bergabung didalam dewan direksi. Saham diperdagangkan ke level tertinggi sejak Februari.

The Bloomberg US Airlines Indeks  naik 2 persen minyak merosot di tengah spekulasi bahwa biaya bahan bakar yang lebih rendah akan membantu profitabilitas maskapai penerbangan ini. Demikian juga dengan harga saham JetBlue Airways Corp dan Delta Air Lines Inc naik lebih dari 2,3 persen.

Sementara PMC-Sierra mengalami reli, SanDisk Corp naik 2,9 persen ke level tertinggi sejak April, sementara Micron Technology Inc naik 3,6 persen. Penawaran Microsemi untuk PMC-Sierra puncak tawaran sebelumnya dari Skyworks Solutions Inc.

IBM turun 1,2 persen menjelang rilis hasil kuartal ketiga, dijadwalkan setelah pasar tutup. Qualcomm Inc, Oracle Corp dan Seagate Technology Plc tenggelam lebih dari 1,3 persen.

Exxon Mobil Corp dan Chevron Corp kehilangan setidaknya 1,3 persen akibat anjloknya harga minyak mentah ditengah tanda-tanda berkurangnya surplus global secara bertahap. Murphy Oil Corp dan Marathon Oil Corp turun lebih dari 4,7 persen. Produsen tembaga Freeport-McMoRan Inc dan pembuat baja Nucor Corp juga merosot setidaknya 2,4 persen.

Hasbro Inc turun 7,2 persen, terburuk dalam lebih dari empat tahun. My Little Pony dan Furby, tenggelam 28 persen. Wynn Resorts Ltd mundur untuk sesi kedua, kehilangan 6,4 persen.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities Academy

Editor : Jul Allens

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here