Preview: Keputusan Kebijakan Moneter Bank Kanada

270

Bank Kanada mempertahankan tingkat bunganya di 0.5% pada pertemuan bulan September, mengatakan bahwa dua kali pemotongan tingkat bunga di bulan Januari dan Juli masih mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, pasar global yang tidak menentu, khususnya di Cina, terus menyulitkan para pembuat kebijakan dan juga eksportir.

Pemilihan Justin Trudeau sebagai perdana menteri pada malam Senin, yang didukung oleh platform anti penghematan, membawa partai Liberal Kanada kembali kepada tampuk kekuasaan setelah hampir satu dekade berada dibawah pemerintahan Konservatif. Berita ini adalah suatu nilai tambah yang moderat bagi outlook ekonomi Kanada. Pasar saham Kanada diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari Selasa siang waktu New York, hari pertama setelah pemilihan umum.

Bank Kanada diperkirakan akan memilih status quo hari ini untuk kebijakan moneter dengan memberikan konfirmasi atas apa yang telah disepakati secara luas: Tidak ada perubahan dalam tingkat suku bunga. Mempertahankan tingkat bunga rendah di 0.5% bukan merupakan kejutan bagi ekonomi yang sedang berjuang menghadapi resesi secara tehnik. Namun, masa depan kelihatannya lebih cerah. GDP Kanada berkembang untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Juli, sebesar 0.3%.

Untuk outlook makro kuartal ketiga, para ekonom mengantisipasikan terjadi rebound yang solid setelah terjadinya kontraksi di setengah tahun pertama. Diperkirakan GDP Kanada akan naik 2.8% di kuartal ketiga.

Apakah tren ekonomi yang membaik bagi Kanada memberikan ruang untuk terjadinya kejutan kenaikan tingkat bunga pada hari ini?

Nampaknya tidak mungkin.

Dengan ketidak pastian yang tinggi atas ekonomi global yang masih mengancam, bersamaan dengan pasar energi yang lemah, kebangkitan Kanada di kuartal ketiga bisa jadi tidak kuat atau bersifat sementara saja. Tradingfloor.com memperkirakan tingkat bunga overnight Kanada akan tetap 0.5% sampai tahun depan. Sementara Forexcrunch mengurangi perkiraan akan terjadi pemotongan tingkat bunga di bulan Oktober dari sebelumnya 32% menjadi 19%.

Apapun juga, prospek bagi kebijakan moneter yang lebih ketat sudah tidak ada lagi di horizon Kanada, suatu outlook yang kemungkinan akan ditekankan pada pengumuman malam hari ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here