Wall Street Ditutup Melemah Dipimpin Saham Energi Dan Bahan Baku

619

Bursa Amerika ditutup melemah, indeks Standard & Poor 500 turun 0,6 persen menjadi 2,018.94 pada 04:00 di New York, terburuk dalam seminggu setelah sebelumnya naik sebanyak 0,4 persen. Dow Jones Industrial Average kehilangan 48,50 poin, atau 0,3 persen, ke 17,168.61. Nasdaq Composite Index turun 0,8 persen karena saham bioteknologi merosot untuk hari kedua. Sekitar 6,8 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, 8 persen di bawah rata-rata tiga bulan.

The Chicago Board Options Exchange Volatility Index naik 6 persen pada Rabu untuk 16,70. Ukuran gejolak pasar yang dikenal sebagai VIX  ini telah turun mengalami penurunan sebulan terburuk, turun 32 persen.

Chipotle meluncur ke tiga bulan karena laba diperbaharui kekhawatiran yang lebih lemah dari perkiraan tentang meningkatnya biaya dan perlambatan pertumbuhan. Biaya tenaga kerja yang lebih tinggi dan biaya pemasaran meremas laba pada rantai Meksiko-makanan kuartal terakhir.

Penurunan Chipotle ini terseret saham restoran lainnya. The Bloomberg Limited-Service Restaurant Index turun 2,2 persen, sementara Jack in the Box Inc dan Papa Murphy’s Holding Inc. baik kehilangan lebih dari 4,3 persen. Pelemahan juga terjadi di sektor industri kendaraan bermotor, Harley-Davidson Inc merosot 2,5 persen untuk memperpanjang penurunan 14 persen kemarin.

Valeant merosot 19 persen demikian juga dengan saham-saham kesehatan tenggelam 0,9 persen, yang sebelumnya sudah mengalami penurunan 2,5 persen. Nasdaq Bioteknologi Indeks turun 0,5 persen setelah jatuh sebanyak 3,5 persen.

St Jude Medical Inc anjlok 8,9 persen, terbesar sejak 2012, setelah melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang berada dibawah perkiraan analis. Endo International Plc turun 13 persen, penurunan terbesar sejak 2009.

Yahoo! Inc dan EMC Corp kehilangan lebih dari 5,2 persen, memimpin penurunan di sektor teknologi. Yahoo melaporkan penurunan penjualan terbesar kuartalan sejak 2009 dan memberikan perkiraan pendapatan kuartal keempat yang meleset dari perkiraan analis. Laporan kinerja usaha EMC juga berada dibawah perkiraan analis, sementara harga saham perusahaan ini turun terseret penurunan 19 persen saham VMware Inc, yang dimiliki EMC sebesar 81 persen.

Energi dan bahan mentah turun lebih dari 0,9 persen, kinerja terburuk di indeks S & P 500. Range Resources Corp dan Consol Energy Inc menurun lebih dari 6,5 persen minyak turun setelah sebuah laporan pemerintah menunjukkan persediaan minyak mentah AS tumbuh paling dalam enam bulan. Alcoa Inc kehilangan 3,2 persen, dan Freeport-McMoRan Inc turun 2,4 persen sebelum laporan pendapatannya besok.

GM memiliki keuntungan terbaik sejak 2012 setelah laba kuartalan didorong oleh penjualan truk ringan yang kuat di AS dan operasi yang stabil di pasar Tiongkok.

Boeing Co naik 1,7 persen ke level tertinggi sejak Agustus 19. Perusahaan meyakinkan investor bahwa pasar kedirgantaraan tetap kuat setelah menaikkan setahun penuh perkiraan keuntungan di tengah meningkatnya pengiriman pesawat jet dan perlambatan di 787 Dreamliner.

KLA-Tencor Corp naik 19 persen setelah Lam Research Corp mengatakan akan mengakuisisi perusahaan tersebut denga nilai transaksi sebesar $ 10.6 miliar. SanDisk Corp naik 2,1 persen dan menguat untuk hari keenam setelah Western Digital Corp setuju untuk membayar sekitar $ 19 miliar untuk memperoleh perusahaan pembuat penyimpan data ini.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities

Editor : Jul Allens

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here