Denyut Bursa Asia Pasifik, Indeks MSCI Menguat 1,8 Persen Menjadi 136,27 Didorong Pasar Global

423

Bursa Asia Pasifik pada umumnya ditutup menguat, imbas penguatan pasar global, indeks MSCI Asia Pacific naik 1,8 persen menjadi 136,27 pada 04:08 di Hong Kong. MSCI All-Country World Index dan emerging-market melonjak ke tertinggi dua bulan pada hari Kamis kemarin setelah Presiden ECB Mario Draghi mengatakan kebijakan akan memeriksa kembali tingkat stimulus pada bulan Desember, menambahkan bahwa program pelonggaran kuantitatif akan terus sampai melampaui September 2016 jika diperlukan.

Semua dari 10 kelompok industri pada indeks Asia Pasifik naik, dipimpin oleh saham-saham barang-barang konsumsi dan perusahaan keuangan. Indeks MSCI Asia Pasifik sudah menguat 1,3 persen minggu ini, kemajuan keempat mingguan, dan untuk sepanjang bulan Oktober ini telah naik 10 persen namun untuk tahun ini, turun 1,2 persen.

Indeks Topix Jepang naik 2 persen didukung naiknya harga saham Nomura Holdings Co, broker terbesar di negara itu, sebear 3,7 persen. Perusahaan kosmetik Kose Corp naik 4,3 persen di Tokyo setelah melaporkan laba awal yang mengalahkan perkiraan.

Indeks Australia S & P / ASX 200 naik 1,7 persen. Harga saham ANZ naik 1,1 persen.

Drillsearch Energy Ltd melonjak 26 persen di Sydney setelah Beach Energy Ltd setuju untuk membayar A $ 384 juta atau setara dengan $ 277 juta  nilai akuisisi Drillsearch. Tujuan akuisisi adalah untuk meningkatkan eksposur aset perusahaan energi ini di  wilayah Australia Cooper Basin.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,3 persen dan Hang Seng China Enterprises Index naik 1,3 persen ke penutupan tertinggi sejak 18 Agustus. Shanghai Composite Index naik 1,3 persen, penguatan mingguan ke tiga, di tengah spekulasi pemerintah akan mengambil langkah-langkah lebih untuk meningkatkan perekonomian sebelum pertemuan Partai Komunis tingkat atas yang akan dimulai minggu depan.

Indeks Kospi Korea Selatan, Indeks Taiex Taiwan dan S & P / Indeks NZX 50 Selandia Baru semua ditambahkan 0,8 persen. Singapura Straits Times naik 1,1 persen dan S & P BSE Sensex Index India naik 0,8 persen.

Di Indonesia, indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan akhir pekan ini berakhir mantap, ditutup naik 1,5% ke posisi 4653,15, demikian juga dengan indeks saham unggulan LQ45 ditutup naik 1,93% ke posisi 804,74.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Vibiz Securities Academy

Editor : Jul Allens

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here