Harga Karet Tocom Meningkat Didukung Anjloknya Yen Jepang

689

Harga karet Tocom pada perdagangan Jumat pagi ini mengalami peningkatan yang signifikan (20/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 terpantau rebound setelah pada penutupan perdagangan kemarin harus menyerah kalah.

Hari ini kenaikan harga karet berjangka Tocom tidak lepas dari pengaruh pelemahan tajam nilai tukar yen Jepang. Yen terpukul hingga menyentuh posisi paling rendah sejak tanggal 25 September lalu. Mata uang Jepang ini telah mengalami fase melemah selama 7 sesi berturut-turut.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Maret 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 164,7 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 0,6 yen atau setara dengan 0,37 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau makin menanjak dari level pembukaan dan sudah berada di posisi 166,1 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di zona hijau. Harga komoditas ini menemukan pijakan yang cukup kuat untuk mendukung rebound-nya yaitu pelemahan nilai tukar yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 160,00 yen. Support selanjutnya ada di 152,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 172,00  yen dan 180,00 yen.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here