Peran Bursa Berjangka Meningkatkan Perekonomian Indonesia

1366

Paket Kebijakan Ekonomi yang dikeluarkan pemerintah salah satunya adalah untuk menggerakkan perekonomian nasional. Bagaimana peran Bursa Berjangka untuk meningkatkan perekonomian Indonesia?

Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama Jakarta Futures Exchange menyatakan, jika tercapai pembentukan harga di bursa berjangka seperti kopi akan mendongkrak perekonomian petani. Dimana produk komoditas yang diperdagangkan melalui bursa secara transparansi, tdk dapat dipermainkan oleh tengkulak, juga tidak dapat dimonopoli golongan tertentu, karena pasar yang akan menentukan harga.

Disinilah fungsi bursa berjangka menjaga dan menstabilkan antara supply dan demand, sehingga pada saat panen raya harga tidak jatuh, bahkan cenderung meningkat. Dengan demikian kesejahteraan petani dapat tercapai. Petani dapat menikmati jerih payah mereka untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Peran inilah yang harus dijalankan oleh Bursa Berjangka Jakarta dengan mengikuti regulasi dan ketetapan yang dijalankan pemerintah, sehingga timbul sinergi yang baik dan saling mendukung untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

 

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here