Rilis Awal Kinerja Sektor Swasta Jerman Gambarkan Ekonomi Sedang Bergerak Pasif

534

Siang ini (26/10), Destatis kembali merilis data awal laju pertumbuhan sektor swasta Jerman untuk periode yang berakhir Oktober 2015. Dalam rilis tersebut terlihat bahwa kinerja di bidang manufakturnya melambat, sedangkan di sektor jasanya secara tidak terduga justru menguat ke fase tercepatnya dalam kurun tujuh bulan terakhir. Tercatat bahwa skor PMI flash manufaktur Jerman di bulan ini jatuh ke level terendahnya dalam kurun lima bulan terakhir yaitu ke level 51,6 dari yang semula tercatat di level 52,3, Meski demikian dengan skor PMI yang masih di atas 50 menunjukkan bahwa kinerja manufaktur di negara ini masih berada di zona ekspansi sampai bulan ini.

Sementara itu unuk PMI flash sektor jasa justru dilaporkan naik menjadi 55,5 dari 54,1 yang tercatat pada bulan September. Kenaikan skor ini cukup diluar dugaan karena para ekonom semula hanya memperkirakan kenaikan di level 53,9. Kombinasi kinerja di sektor manufaktur dan jasa pada bulan ini otomatis memengaruhi skor PMI Komposit yang mengukur kinerja di sektor swasta dengan bukukan kenaikan ke level tertingginya dalam dua bulan terakhir yaitu ke level 54,5 dari 54,1 pada bulan September. Dapat dilihat tren PMI komposit Jerman dalam kurun setahun terakhir pada gambar dibawah ini:

Germany Composite PMI

Hasil PMI awal untuk bulan Oktober ini mencerminkan gambaran yang cukup pasif dari situasi ekonomi terutama di sektor swasta Jerman menjelang akhir tahun 2015 ini. Terlihat bahwa kinerja ekonomi tidak cukup antusias dalam mendongkrak kinerja ekonominya ditengah pelemahan ekonomi global. Bahkan berdasarkan rilis Destatis pekan ini, terlihat juga bahwa indeks harga produsen bulanan Jerman untuk periode yang berakhir September 2015 masih lanjutkan tren negatif bahkan menduduki level terendahnya dalam kurun tujuh bulan terakhir. (Lihat juga: PPI Jerman Sentuh Level Terendah Dalam 7 Bulan Terakhir)

Akibatnya, pemerintah Jerman menurunkan target pertumbuhan negaranya di tahun 2015 menjadi hanya sebesar 1,7 persen dari yang semula dipatok sebesar 1,8 persen. Sedangkan untuk target pertumbuhan pada 2016 mendatang dipatok sebesar 1,8 persen. Secara umum perekonomian Jerman diprediksi masih akan bukukan pertumbuhan yang moderat meskipun hambatan eksternal dari Tiongkok dan negara eksportir komoditas lainnya tetap akan membayangi situasi ekonomi global.  Perekonomian diperkirakan akan bukukan ekspansi sebesar 1,8 persen pada tahun 2016 mendatang, tidak berubah dari proyeksi sebelumnya.

 

 

 

Stephanie Rebecca/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here