Penjualan Rumah Baru AS Turun Mendekati Setahun Terendah

214

Penjualan rumah baru AS September turun ke posisi mendekati terendah dalam setahun ini setelah dua bulan berturut-turut naik, menunjukkan pendinginan sementara di pasar untuk rumah baru. Departemen Perdagangan AS mengumumkan pada hari Senin (26/10), penjualan rumah baru turun 11,5 persen pada tingkat tahunan, atau sejumlah 468.000 unit, yang level terendah sejak November 2014. Sedangkan penjualan bulan Agustus yang direvisi turun ke 529.000 unit dari sebelumnya 552.000 unit yang dilaporkan.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penjualan rumah baru, yang memperhitungkan 7,8 persen dari pasar, tergelincir ke tingkat 550.000 unit. Penjualan naik 2,0 persen dibandingkan September tahun lalu.

united-states-new-home-sales

Sementara data perumahan lainnya yang sudah dirilis untuk bulan September seperti existing home sales, home builder confidence dan housing starts menghasilka data yang cukup kuat.

Sebuah pasar perumahan yang kuat didukung oleh belanja konsumen melalui peningkatan kekayaan rumah tangga, yang membantu untuk memulihkan ekonomi dari pertumbuhan global yang turun, dolar yang kuat dan belanja modal yang lemah di sektor energi.

Penjualan rumah baru jatuh 61,8 persen di Timur Laut ke level terendah sejak April. Penjualan menurun 6,7 persen di Barat dan turun 8,7 persen pada daerah terpadat Selatan. Di Midwest, penjualan turun 8,3 persen.

Dengan penjualan yang lemah, stok rumah baru untuk dijual meningkat 4,2 persen menjadi 225.000 bulan lalu, level tertinggi sejak Maret 2010. Namun, pasokan tetap kurang dari setengah dari apa itu pada puncak booming perumahan.

Pada bulan September kecepatan penjualan itu akan memerlukan 5,8 bulan untuk menghabiskan pasokan rumah di pasar, naik dari 4,9 bulan pada bulan Agustus. Harga rata-rata rumah baru naik 13,5 persen dari tahun lalu ke $ 296,900.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here