IHSG 27 Oktober Dibuka Negatif, Terganjal Penurunan Komoditas dan Pelemahan Bursa Global

351

Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan Selasa (27/10) terkoreksi negatif. Terpantau alami penurunan  0,71% pada4658,04.

Dominasi pelemahan bursa global terlihat sejak penutupan bursa Wall Street dinihari tadi,buruknya kinerja sahamnya seperti saham Apple pada indeks Dow Jones dan penurunan 7 sektor saham di indeks S&P 500, melemahkan kedua indeks sahama Wall Street tersebut. Demikian juga bursa Asia bergerak mixed, indeks Nikkei dan indeks Hang Seng mengalami pelemahan dalam pembukaan perdagangan tadi pagi.

Juga terjadi penurunan harga komoditas. Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup turun tipis 0.01 % pada 1163.70 dollar per troy ons, setelah rally penguatan dollar selama tiga hari berturut-turut terhenti akibat data penjualan rumah baru yang negatif. Sementara harga minyak mentah WTI untuk kontrak Desember ditutup turun 1,39 %, pada 43,98 dollar per barel terpengaruh kekuatiran kelebihan pasokan produksi minyak dan kurangnya pemeliharaan kilang minyak di AS.

Pagi ini terpantau 64 saham menguat dan 128 saham melemah. Terjadi perdagangan saham sebanyak 945 juta lot saham dengan nilai mencapai sekitar 960 miliar, dengan frekuensi perdagangan 38900 kali. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG akan mencoba keluar dari tekanan dengan harapan penguatan bursa global dan sentimen positif dari dalam negeri terkait paket kebijakan ekonomi tahap V. Secara teknikal, IHSG akan bergerak pada kisaran Support 4600-4568 dan kisaran Resistance 4670-4700.

 

Connie Rineke/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here