Lakukan Pelunasan Utang Mata Uang Asing, Saham EXCL Cari Tumpuan Bangkit

494
PT XL Axiata Tbk (XL) pada Selasa (26/10) mengumumkan pelunasan dipercepat atas pinjaman dari
Royal Bank of Scotland (RBS) sebesar USD 100 juta. Percepatan pelunasan pinjaman ini dilakukan seiring dengan proses pencairan pinjaman sebesar Rp 1,5 triliun dari Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.
 
Presiden Direktur XL, Dian Siswarini menyatakan merupakan konsekuensi perusahaan menghadapi
kondisi perekonomian global yang terjadi, termasuk mengatasi pinjaman dalam mata uang asing. Dengan penyelesaian semua pinjaman dalam US Dollar yang tidak dihedge, EXCL berharap beban perusahaan menjadi berkurang, dan dapat mendukung kinerja XL ke depan. 
 
Apa yang dilakukan EXCL tersebut merupakan langkah proaktif mengurangi resiko nilai tukar mata uang asing. Dengan melakukan percepatan pelunasan hutang dan konversi ke mata uang rupiah, maka menyelesaikan keseluruhan portofolio hutang eksternal XL dalam US Dollar yang tidak diberikan fasilitas lindung nilai. Langkah XL ini merupakan bagian dari Agenda Transformasi perusahaan tersebutyaitu secara proaktif memperkuat posisi keuangan perusahaan melalui rangkaian Inisiatif Pengelolaan Neraca Keuangan yang mencakup pengurangan resiko terhadap pergerakan nilai tukar mata uang asing.
 
Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham pada hari Rabu (28/10/15) saham EXCL saat ini mengalami penurunan 1,69% pada level 3195 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 3250 dan volume perdagangan mencapai 777.400 saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham EXCL sejak awal Oktober terlihat terus mengalami pergerakan naik. Terpantau indikator MA masih bergerak naik dan  indikator Stochastic  bergerak di area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  didukung oleh +DI yang juga bergerak flat yang menunjukan pergerakan EXCL sideways cenderung melemah. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju EXCL masih akan terbatas dan menunggu sentimen fundamental yang menggerakan EXCL. Rekomendasi Trading pada target level support di level Rp3100 hingga target resistance di level Rp3250.

 

Connie Rineke/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here