Menunggu Arahan FOMC, Kurs Euro Tidak Banyak Bergerak

377

Kurs Euro hingga hari ketiga pekan ini (28/10) diperdagangan datar terhadap rival utama dolar AS. Pergerakan semakin berat karena pasar menahan diri untuk mencermati FOMC statement Kamis dini hari nanti (29/10) setelah pengumuman suku bunga The Fed. Meski tidak ada harapan kenaikan suku bunga akan dilakukan pekan ini dengan beberapa indikator ekonomi yang sedang menurun,

Dari sisi Eruo, pair EURUSD ini masih terkunci dalam pelemahan oleh sentimen ECB pekan lalu yang telah menyalakan lampu hijau untuk membuat perluasan cakupan pelonggaran ekonomi. Sehingga fundamental bullish apapun pekan ini tidak akan memiliki harapan bullish panjang pada pair EURUSD. Terlebih jika ditunjukan fundamental lemah seperti siang tadi survei konsumen di Jerman turun tiga bulan berturut dan di periode November jatuh di 9.4 terndah sejak sembilan bulan terakhir.

Pair EURUSD bisa saja menguat akan tetapi terbatas dan hanya akan disebebkan oleh dolar AS yang melemah karena statement ECB pekan lalu sudah terlalu kuat memberi sentimen lemah pada Euro. Pelemahan dolar sangat dimungkinkan terjadi malam ini bila The Fed menyerah dan tidak lagi memberikan petunjuk mengenai harapan kenaikan suku bunga tahun ini yang dapat diartikan kredibelits The Fed menurun.

Kemudian pasca FOMC statement yang paling penting adalah data, yaitu akan rilis PDB AS kuartal ketiga dan diperkirakan akan turun berdasarkan kondisi lemah indikator ekonomi sepanjang 3 bulan di kuartal ketiga. Sentimen pelemahan dolar kemudian akan diimbangi oleh urgensi pelonggaran lanjutan dari ECB jika data inflasi kawasan Eropa di akhir pekan (30/10) meleset dari perkiraan naik.

Memantau kurs Euro pada pair EURUSD saat ini (09:15:11 GMT) bergulir di kisaran 1.1049, tidak banyak berubah dari pembukaan hari ini di harga 1.1050 dan sedikit naik dari pembukaan awal pekan di harga 1.1006. Pada perdagangan kemarin (27/10) pair ditutup flat dari pembukaan  1.1056 dengan capaian tinggi 1.1078 dan rendah 1.1029.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan EURUSD hingga pertengahan pekan ini berada pada range sempit di kisaran resisten 1.1100 dan support 1.1001. Berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya maka pergerakan datar akan terus bergulir sampai harga mampu keluar dari range tersebut. Namun bila menguat diperkirakan akan terbatas pada resisten di kisaran 1.1045.

 

 

Irfan Purnawan/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here