Harga Kakao ICE Berakhir Naik Didorong Maraknya Aksi Beli Spekulan

329

Harga kakao berjangka ICE Futures mengalami kenaikan yang signifikan pada penutupan perdagangan Kamis dini hari tadi (29/10). Malam tadi harga kakao melonjak didukung oleh maraknya aksi pembelian yang dilakukan oleh para spekulan. Ternyata produksi pengolahan kakao di Asia lebih tinggi dari harapan.

Pasar kakao global terangkat oleh kabar kemenangan presiden incumbent Pantai Gading. Kemenangan ini juga kabarnya diterima oleh oposisi. Ini merupakan kabar gembira untuk semua orang.

Produksi kakao masih cenderung terganggu akibat kekeringan. El Nino yang menyerang Negara-negara produsen di Asia Tenggara menyebabkan tanaman masih rentan terhadap penyakit dan kondisi kering menyebabkan stress pada tanaman.

Di akhir perdagangan dini hari harga kakao berjangka kontrak Desember yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan kenaikan yang cukup signifikan. Harga komoditas tersebut ditutup meningkat sebesar 22 dollar atau 0,69 persen pada posisi 3.219 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan menguat. Saat ini indikator jangka pendek dan menengah masih ada dalam pola bullish lemah. Sementara untuk jangka panjang tampak kecenderungan sideways.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.260 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.300 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.164 dollar dan 3.130 dollar.

 

Ika Akbarwati/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here