Preview: FOMC Statement

741

Menurut survei  dari the Financial Times, Outlook yang mendung bagi ekonomi AS kemungkinan akan meyakinkan Federal Reserve untuk mempertahankan tingkat bunga tidak berubah pada pengumuman moneter malam hari ini (Kamis pagi dini hari).  Michael Feroli, ekonom AS di JPMorgan Chase, mengatakan kepada the Financial Times, “Kami percaya tujuan dari Gubernur Fed Yellen adalah tidak memberikan signal yang kuat akan kenaikan di bulan Desember, namun tidak juga menyingkirkan kemungkinan akan terjadi. “

Tingkat bunga yang lebih rendah dalam minggu –minggu belakangan ini mendukung outlook dari Feroli. Tingkat bunga EFF (Effective Fed Funds) telah bergeser menjadi lebih rendah pada bulan ini. Rata-rata EFF 30 hari tergelincir ke 0.1277% pada penutupan minggu lalu – terendah sejak awal bulan Agustus.

Faktor lain yang kemungkinan meyakinkan the Fed untuk menunda menaikkan tingkat bunga adalah laporan pendahuluan GDP kuartal ketiga yang akan dikeluarkan besok, yang diperkirakan akan merefleksikan perlambatan yang tajam di dalam pertumbuhan dari kenaikan yang kuat sebesar 3.9% di kuartal kedua. Perkiraan konsensus dari Econoday.com mengantisipasikan hanya kenaikan yang lemah sebesar 1.7% untuk tiga bulan sampai bulan September.

Kalaupun pendapat orang banyak benar dan tingkat bunga tetap tidak berubah, pernyataan kebijakan dari the Fed akan di analisa dengan cermat untuk mendapatkan petunjuk mengenai apa yang akan terjadi nantinya. Ada beberapa pertentangan di dalam data ekonomi belakangan ini, yang memperkeruh air untuk mengukur kekuatan tren ekonomi makro. Karenanya tidak mengejutkan komentar dari para pejabat the Fed beragam terhadap outlook ekonomi sehubungan dengan kenaikan tingkat bunga. 

Apakah pernyataan kebijakan pada malam hari ini akan memberikan pandangan yang lebih jelas? Kemungkinan tidak, hanya karena alasan yang sederhana: laporan ekonomi sejak pertemuan FOMC terakhir masih memberikan profil yang suram dari tren pertumbuhan ekonomi.

 Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here